E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Nur Hasanah, Eko Suyanto, Wayan Suana

Abstract


The aim of this research was to describe e-Learning with Schoology to teach elasticity and hookes law topics. The description of this research consisted of description of the interest, easiness, usefullness and the effectiveness. Procedure used in this research was according to Suyanto and Sartinem which were: need analysis, identification of resource, identification of product specification, product development, internal test, external test, and production. This study has been conducted on even periode in academic year 2015/2016 in SMA N 1 Pringsewu grade X. The results of the external test showed that the quality of e-Learning with Schoology are very interesting, easy, very useful, and effective to use as learning supplement because 91% students passed the passing grade for cognitive aspect and 100% student passed the passing grade for afective and psycomotor aspect.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan e-Learning menggunakan Schoology dalam membelajarkan materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Pendeskripsian pada penelitian ini meliputi kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan dan keefektifan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penerapan menurut Suyanto dan Sartinem yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal dan produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMAN 1 Pringsewu kelas X. Hasil dari uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas dari e-Learning dengan Schoology sangat menarik, mudah, sangat bermanfaat dan efektif untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran karena 91% siswa mencapai KKM untuk aspek kognitif dan 100% siswa mencapai KKM untuk aspek afektif dan psikomotor.

Kata kunci: elastisitas dan hukum hooke, e-learning, schoology


Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo dan Hairul Pathoni. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol. 8 No. 1, 14-29

Amiroh. 2013. Under E-Learning, Edmodo, Moodle and Schoology.(Online), (http://amiroh.web.id. Diakses pada tanggal 8 Juli 2015)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Crata

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan e-Learning Teori dan Desain. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Vokasi. Vol. 3 No. 1, 90-120

Pertiwi, Istri Cintya, Sukadi dan I Nyoman Pusrsika. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas X Tataniaga B di SMA Negeri 1 Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. [Online] tersedia: http://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/2939/2435. Diakses 7 November 2015

Purbo, W. Onno dan Antonius Aditya Hartanto. 2002. E-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Jakarta : Elex Media Komputindo

Putri, Ni Wayan Mei Ananda, Nyoman Jampel dan I Kadek Suartama. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No. 1, 1-11

Salma, Prawiladilaga, Dewi dan Eveline Siregar. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri

Siahaan, Sudirman. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.9 No.42, 303-321

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lamung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.