PENGEMBANGAN LKS MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI GAYA DAN PENERAPANNYA

Desih Ambarwati, I Dewa Putu Nyeneng, Wayan Suana

Abstract


This development research aimed to develop student worksheet based on guided inquiry model of contextual approach to the force learning and its application and to determine the attractiveness, easiness, usefulness, and effectiveness of the product at SMPN 2 Sekampung. This research was based on the design of research and development (R&D), which uses the procedure of Sugiyono development (2014: 409). It consisted of the analysis of the potential and problems, collecting information, product design, product validation, the revised design, product testing, the revised design, utility testing, the revised design, and making the final product. The final results of the product showed that: the attractiveness, easiness, and usefulness were 3,13; 3,18; and 3,27. Based on this score, the product was attractive, easy to use, and very useful, and effective to be used as a learning media because 86% of students have completed the KKM criteria.


Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan LKS model inkuiri terbimbing berbasis pendekatan kontekstual untuk pembelajaran gaya dan penerapannya dan mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk LKS di SMPN 2 Sekampung. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian dan pengembangan (R&D), yang menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono (2014: 409), terdiri dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi akhir. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: skor kemenarikan 3,13; skor kemudahan 3,18; dan skor kemanfaatan 3,27. Produk yang dihasilkan menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa 86% siswa tuntas KKM, sehingga produk akhir efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: gaya dan penerapannya, inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Y., dan B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2 (1), 88-92.

Darmodjo, H., dan Y. Kaligis. 2000. Ilmu Alamih Dasar (Edisi Revisi). Jakarta: Universitas Terbuka.

Fahrie. 2012. Lembar Kerja Siswa (LKS). Online. http://fahrie13. blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses 21 Oktober 2015.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. 2008. KTSP Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Rohman, M. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pem-belajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sanjaya, W. 2011. Peneliti Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Setiono, B. 2011. Pengembangan Alat Perekam Getaran Sebagai Media Pembelajaran Konsep Getaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sintia, R. 2015. Pengembangan LKS Menggunakan Model Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., dan L. Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Wijayanti, D., S. Saputro, dan N. D. Nurhayati. 2015. Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 4 (2), 15-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.