MODUL INTERAKTIF DENGAN PROGRAM LCDS UNTUK MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

Luh Sri Asmarani Suradnya, Eko Suyanto, Wayan Suana

Abstract


The aims of this research were to produce an interactive module by LCDS programme to the Light and Optical Instrument object for junior high school students and describe the attractiveness, the easiness, the expediency, and the effectiveness of product. This research was conducted in class VIIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung.The research used Suyanto and Sartinem research and development model which consist of need analysis, resource identification, identification of product specification, product development, internal testing, external testing, and production.The interactive module have been validated by matter and design experts.The result of the product showed that the product were very attractive, easy to use, and very useful. It is also effective to be used as a learning media because 80% of students reach the standard of achievement score.


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul interaktif dengan program LCDS untuk materi pokok Cahaya dan Alat Optik siswa SMP dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIIIISMP Negeri 12 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Suyanto dan Sartinem yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Modul interaktif yang dihasilkan telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Hasil uji produk menunjukkan bahwa produk memiliki kualitas sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Selain itu, produk yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dilihat dari hasil belajar siswa, yaitu 80% siswa telah tuntas KKM.

Kata kunci: cahaya dan alat optik, LCDS, modul interaktif.




Full Text:

PDF

References


Aremu dan Efuwape. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability in Nigeria. American Journal of Educational Research. Vol. 1(2): 41-48.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan e-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Kazu, Ibrahim Yasar dan Mehmet Dermikol.2014. Effect Of Blended Learning Environment Model On High School Students Academic Achievment. The Turkish Online Jurnal Of Educational Technology. Vol. 13(1): 78-87.

Kurniawan, Deny, Agus Suyatna dan Wayan Suana. 2014. Pengembangan Modul Interaktif dengan Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 3(6): 1-10.

Ramadhan, Dian Syahri. 2015. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis ICT Materi Pokok Gelombang dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal FKIP Unila. Vol 2(3): 67-79.

Riyana, Cepi. 2007. Pedoman Pengembangan Modul Multimedia Interaktif. Bandung:Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther dan James D. Russell. 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Indonesia: Kencana.

Sujanem, Rai, I Nyoman Putu Suwindra dan I Ketut Tika. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 42(2): 97-104.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Unila.

Taufani, Dani R. dan Mohamad Iqbal. 2011. Membuat Konten E-Learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). [Online].Tersedia: http://duniadownload.com/pendidikan-sekolah/membuat-konten-e-learning-dengan-microsoft-learning-content-development-system-lcds.html. Diakses pada 28 September 2015.

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yapici, Umit I dan Hasan Akbayin. 2012. The Effect of Blended Learning Model On High School Students Biology Achievement And On Their Attitudes Towards The Internet. The Turkish Online Journal Of Educational Technology. Vol. 11(2): 228-237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.