PENGEMBANGAN SIMULASI PRAKTIKUM EFEK FOTOLISTRIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI
Abstract
The purposes of this research were to develop the student worksheet with inquiry approach and to know the attractiveness, easiness, expediency and effectiveness of the practicum simulation of photoelectric effects. The method used was research and development by Dick and Carry, includes analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of practicum simulation of photoelectric effects development research in MAN 1 Metro at class XII obtained the score of attractiveness was 3.10 (attractive), easiness was 2.77 (easy), and expediency was 2.70 (beneficial) and the use of practicum simulation on the learning was effective because 77% of students got score more than 75.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan simulasi praktikum efek fotolistrik berbantuan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri dan mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan simulasi praktikum efek fotolistrik. Metode yang digunakan yaitu research and developmen dari Dick and Carry, meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan simulasi praktikum efek fotolistrik yang dilakukan di MAN 1 Metro kelas XII diperoleh skor kemenarikan 3,10 (menarik), kemudahan 2,77 (mudah) dan kemanfaatan 2,70 (bermanfaat), serta penggunaan simulasi praktikum efek fotolistrik pada pembelajaran dikatakan efektif karena 77% siswa mendapat nilai di atas 75.
Kata kunci: efek fotolistrik, inkuiri, pengembangan, praktikum, simulasi.Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cengiz, T. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Students Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2 (1): 3753.
Chintia, G.M.P, Eko, S & Ismu, W. 2014. Pengembangan Suplemen Pembelajaran Fisika Gelombang Elektromagnetik Cahaya Sebagai Pertikel. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Unila, 4(2): 27-38.
Hamalik, O. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.
Mulyatiningsih, E. 2012. Modul Kuliah Pengembangan Model Pem-belajaran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Putri, Arna. 2013. Pengembangan Virtual Laboratoy Pada Materi Mekanika Dengan Analisis Vektor Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XI SMA. Pillar Of Physic Education, 1(4) : 23-29.
Sani, R.A. 2014. Pembelajarn Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suyanto, E. dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Yusuf, I, Sri, W.W & Dewi, P. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasar-kan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Jurnal pen-didikan dan pembelajran universitas jember, 4(2): 189-200.
Yusuf & Subaer. 2013. Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual Pada Materi Dualisme Gelombang Partikel Di Sma Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 189-19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.