PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Abstract
The purpose of this development research was to develop an interactive module using Learning Content Development System (LCDS) as learning material. The steps of interactive module development used development procedure based on Suyanto & Sartinem procedures, which ware need analysis, resource identification, identification of product specification, product development, internal test by the expert, external test by the user, and final production using offline publish. Internal test result showed that module is appropriate with the theory and proper to be used as learning media. External test was done to the student at SMAN 5 Bandar Lampung of X1 class got scores: 3.14 on attractiveness aspect, 3.09 easiness aspect, and 3.15 usefullness aspect. This showed that interactive module is attractive, easy to use and usefull for the students as learning material of dynamic electrics topics.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan modul interaktif menggunakan Learning Content Development System (LCDS) sebagai bahan ajar. Tahapan pengembangan modul interaktif menggunakan prosedur pengembangan menurut Suyanto & Sartinem meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal oleh ahli, uji eksternal oleh pengguna, dan produksi akhir dengan cara publish secara offline. Berdasarkan hasil uji internal menunjukkan modul interaktif telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengujian eksternal dilakukan pada siswa kelas X1 di SMAN 5 Bandar Lampung memperoleh nilai: aspek kemenarikan 3,14, aspek kemudahan 3,09, dan aspek kemanfaatan 3,15. Hal ini menunjukan bahwa modul interaktif menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat bagi siswa sebagai bahan ajar materi listrik dinamis.
Kata kunci: LCDS, listrik dinamis, modul interaktif, pengembangan
References
Hupbing, N., Oglesby, D., Philpot, T., Yellamraju, V., Hall, R., & Flori, R. 2012. Interactive learning tools: Animating statics. In American Society for Engineering Education Annual Conference June, 1 (4): 159-270.
Munir. 2010. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arif S, R Raharjo, Rahardjito, dan Anung H. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Pe-rencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Santyasa, I Wayan. 2010. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Makalah). IKIP Negeri Sisingamangaraja.
Stelzer, T., Gladding, G., Mestre, J. P., & Brookes, D. T. 2009. Comparing the efficacy of multimedia modules with traditional textbooks for learning introductory physics content. American Journal of Physics, 77 (2): 184-190.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suprawoto, N.A. 2010. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online), (http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-Bahan-Ajar-dengan-Menyusun-Modul.), diakses 25 Februari 2015.
Suyanto, Eko & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Taufani, Dani Rusda & Iqbal, Mohamad. 2011. Membuat Content E-learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.