PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS SMP

Nurul Inayah, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research was to make an alternative assessment instrument to assess the studentss spiritual and social attitudes in science learning for Junior High School. The instrument must had the logical validity, empirical validity, and reliability. Elaboration method consisted of eight elaborational stages: problem identification, data aggregation, product design, validation of the design, revision of the design, product testing, product revision, and product printing. The product was validated logically by three evaluation experts. The field test result indicated that the instrument had empirical validity. Reliability test used Alpha Cronbach method indicated that the product had satisfying reliability. The end product was judged proper to be used directly by teacher and be developed by grille matrix.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen alternatif untuk menilai kompetensi sikap spiritual dan sosial dalam pembelajaran sains untuk siswa SMP yang valid secara logis, valid secara empiris, dan reliabel. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi delapan tahap: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan pencetakan produk. Produk telah tervalidasi secara logis oleh tiga ahli evaluasi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap valid secara empiris. Uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach menunjukkan bahwa reliabilitas produk terkategori memuaskan. Produk akhir dinilai layak digunakan secara langsung oleh guru serta dapat dikembangkan lebih lanjut dengan acuan kisi-kisi.

Kata Kunci: instrumen penilaian, sikap sosial, sikap spiritual.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gayatri, Dewi. 2004. Mendesain Intrumen Pengukuran Sikap. [Online] Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 8 No. 2 September, (http://webcache.googleusercontent.com), diakses 10 Juni 2015.

Kemdikbud. 2013. Salinan Lampir-an Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2014. Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulim 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusaeri, Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. [Online]. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 6 Nomor 1 Juni, (http://webca-che.googleusercontent.com), diakses pada 10 Juni 2015.

Nurhadi. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran IPA Terpadu. [Online]. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, Volume 2 No. 4, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/ view/4881), diakses pada 10 Juni 2015.

Oktaviandy, Navel. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (Online). (http://navelmangelep.wordpress.com), diakses pada 22 Juni 2014.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudaryono. 2013. Teori Responsi Butir. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudiyono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, H. M. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparlan. 2014. Reorientasi Tujuan Pendidikan Nasional Kita. (Online), (http://suparlan.com), diakses pada 8 Mei 2014.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Triyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.