PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI PEMBIASAN CAHAYA DENGAN STRATEGI INKUIRI
Abstract
The aims of this development research were to make an Interactive module based ICT on refraction of light with inqury strategy, to describe the attractiveness, the easiness, and the expediency, and also the effectiveness of product. The model used research and development model which included analysis of need, learning objectives, materials, treatment, first manuscript, prototype production, evaluation, revision, final manuscript, product test, and final product. The result of module product test in SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo showed the attractivenesss value which got score 3.10 (attractive), easinesss 3.07 (easy), and expediencys 3.07 (useful), and 82.76 % of students have completed KKM is 70.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah membuat modul interaktif berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi pada materi Pembiasan Cahaya dengan strategi inkuiri, mengungkap kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan, meliputi analisis kebutuhan, tujuan pengembangan, pokok materi, treatment, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba produk, dan produk final. Hasil uji produk modul di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo menunjukkan nilai kemenarikan dengan skor 3,10 (menarik), kemudahan dengan skor 3,07 (mudah), dan kemanfaatan dengan skor 3,07 (bermanfaat), dan 82,76% siswa telah tuntas KKM yaitu 70.
Kata kunci: inkuiri, modul, pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miarso, Y. 2009. Menyemai Benih Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sadiman, A. S., Raharjo, R., Rahardjito, dan Anung, H. 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sularno. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Fluida Statis SMA. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).
Suprawoto, N. A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online). http://www.scribd.com/doc/16554502/ Mengembangkan-Bahan-Ajar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses 20 Desember 2014.
Suryani, N dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyanto, E. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Uno, H. B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.