PENGARUH KETERAMPILAN MEDIA TIK EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
The research aimed is to know the influence of ICT media experiment skill to physics students achievement. In this research, the optics instruments of learning process used virtual laboratory experiment with Yenka software. Research was conducted in SMA YP Unila Bandar Lampung with population were students of X MIPA. Research was carried out using experimental research with Pre-Eksperimental Research Design with The One Shot Case Study. Data of research statistical was analyzed by model of simple linear regression. Result of analysis indicated that correlation coefficient value was 0.89 and determination coefficient value was 0.78. Based on the result, it can be assumed that there is a very high positive linear influence of ICT media experiment skill to physics achievement at physics learning with a contribution of 78% and equation regression is Y = 0.89 X + 7.06.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan media TIK eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa. Proses pembelajaran materi alat-alat optik pada penelitian ini menggunakan eksperimen secara virtual dengan aplikasi Yenka. Penelitian dilakukan di SMA YP Unila Bandar Lampung dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIPA. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design The One Shot Case Study. Data penelitian di analisis statistik menggunakan model regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,89 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,78. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif linear yang sangat tinggi dan signifikan antara keterampilan media TIK eksperimen terhadap hasil belajar fisika dalam pembelajaran fisika dengan kontribusi sebesar 78% dan persamaan regresinya adalah Y = 0,89 X + 7,06.
Kata kunci: keterampilan, TIK eksperimen, pembelajaran yenka
Full Text:
PDFReferences
Bostan, Carmen-Gabriela & Antohe, Stefan. 2010. Computer modelling in Physicss experiment. Proccedings of the 5th International Conference on Virtual Learning, Vol 5 (1), 147-152.
Bostan, Carmen-Gabriela. 2011. Modelling Physicss Experiment With Yenka Software. The 7th International Scientific Conference eLearning and Software for Education Bucharest, Vol 7 (1), 319-324.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakkarainen, Kai, Liisa Ilomaki, Lasse Lippone, Hanni Muukonen, Marjaana Rahikanen, Taneli Tuominen, Minna Lakkala, & Erno Lehtinen. 2000. Students skills and practices of using ICT : result of a national assesment in Finland. Computer & Education 34. 103-117.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nuraini, Istiqomah. 2014. Penggunaan LKS Berbasis Guided Inquiry Untuk SMA Kelas XI Pada Konsep Sistem Sirkulasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. Deni Kurniawan & Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina . 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriftif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Some, I Made. 2013. Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan 2013. Vol 1, 1-13.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk & Leo Agung S. 2012, Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.