MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
The purposes of this study were to analyze and describe: (1) resource management program educators to form the character of the students. (2) Implementation of resource management program for educators to shape the character of the students. (3) Evaluation of the management of educational resources to shape the character of the students. (4) The obstacles faced by the school in the implementation of resource management educators to shape the character of the students. This study was a qualitative research with case study approach. Data collection techniques that authors used were the interview, observation and documentation. The result were: (1) the resource are prepared to improve the quality. (2) Implementation of the program using three strategies. (3) Evaluation of resource had done with maximum / accordance with the provisions of the legislation. (4) The obstacles in the implementation where come from family environments learners who are less supportive, peer influence, media learning incomplete, and lack of socialization of character education.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) pendidik program manajemen sumber daya untuk membentuk karakter siswa. (2) Pelaksanaan program pengelolaan sumber daya bagi pendidik untuk membentuk karakter siswa. (3) Evaluasi pengelolaan sumber daya pendidikan untuk membentuk karakter siswa. (4) kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam pelaksanaan pengelolaan sumber daya pendidik untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. hasilnya adalah: (1) sumber daya siap untuk meningkatkan kualitas. (2) Pelaksanaan program dengan menggunakan tiga strategi. (3) Evaluasi sumber daya telah dilakukan dengan maksimal / sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (4) hambatan dalam pelaksanaan berasal dari keluarga lingkungan peserta didik yang kurang mendukung, pengaruh teman sebaya, media pembelajaran lengkap, dan kurangnya sosialisasi pendidikan karakter.
Kata kunci: manajemen sumber daya pendidik, pembentukan karakter, peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Cepi, S., dan Abdul, J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Asmani, Maruf, dan Jamal. 2011. Buku Panduan internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Amiruddin dan Asikin, Z. 2004. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thomson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta. (online) (http://konselingindonesia.com/index.php?option=com_content&task=blog category&id=79&Itemid=40). Diakses pada Tanggal 04 Januari 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.