PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Nilawati Nilawati, Sumadi Sumadi, Sulton Djasmi

Abstract


This study aimed to describe: (1) LPMP of Lampung Province strategy in building human resource capacity in accordance with the demands of Quality Assurance System of Education; (2) the impact of human resource development in the work culture in LPMP Lampung, and (3) the perspective of human resource development in LPMP in the future. This study uses a phenomenological qualitative approach. Data were collected through interviews, documentation and observation. Results from this study are: (1) LPMP strategy of Lampung Province in building human capacity is by developing program / activity plans, and analyzes the factors that support and hinder the development of human resource capacity; (2) the impact of human resource development in the work culture in LPMP Lampung Province is a change in the form of knowledge (cognitive) like the principles, procedures, and processes of education; (3) the perspective of human resource development in LPMP of Lampung province is that this institution has a commitment in quality improvement.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi LPMP Provinsi Lampung dalam membangun kapasitas SDM sesuai dengan tuntutan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan; (2) dampak dari pengembangan SDM pada budaya kerja di LPMP Lampung, dan (3) perspektif pengembangan SDM di LPMP Lampung di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) strategi LPMP Provinsi Lampung dalam membangun kapasitas manusia adalah dengan perencanaan program / kegiatan, dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perkembangan SDM; (2) dampak dari pengembangan SDM pada budaya kerja di LPMP Provinsi Lampung adalah perubahan dalam bentuk pengetahuan (kognitif) seperti prinsip, prosedur, dan proses pendidikan; (3) perspektif pengembangan SDM di LPMP Provinsi Lampung adalah lembaga ini memiliki komitmen terhadap peningkatan kualitas.

Kata kunci: pengembangan, penjaminan mutu pendidikan, sumber daya manusia


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Buku Pedoman Implementasi Nomor 63 Tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Jakarta: Kemdiknas.

Kaswan. 2011. Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ma'arif, M.S. 2010. Membangun Profesionalisme Aparatur untuk Mengantisipasi Kebutuhan Sektor Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. 4, (2), November 2010.

Mangkunegara, A.P. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Bandun: PT. Refika Aditama.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, D. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murgiyono. 2010. Paradigma Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS. 4, (1), Juni 2010.

Rakhmawanto, A. 2008. Membangun Model Pengembangan SDM Aparatur Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. 2, (1), Juni 2008, 97-121.

Satori, D. dan Komariah, A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-1. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Spencer, Lyle M. dan Spencer, Signe M. 1993. Competence at Work: Model for Superior Performance. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-6. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yuniarsih, T. dan Suwatno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-2. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.