IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG

Soviyanti Soviyanti, Riswanti Rini, Sowiyah Sowiyah

Abstract


This study was conducted in SDN 2 Labuan Ratu Bandar Lampung City. The purpose of this study was to analyze and describe: (1) school development team, (2) competence of teachers as educators. (3) The management, (4) The results of the work program of the school. This study used qualitative methods to study CIPP model evaluation. The data collections are through interviews, observation, and documentation. The results of this study: (1) School Development Team (SMT) has been attempted as optimal to always support the work program of the school, (2) Competence of teachers as educators consisting of 4 (aspect) that pedagogical competence, personal competence, professional competence and social competence is good enough. (3) The management of school work program consisting of planning, implementation, evaluation and control has been able working well by educators and TPS. (4) the implementation of the work program of the school can be accomplished and no constraints.

Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Labuan Ratu Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) tim pengembangan sekolah, (2) kompetensi guru sebagai pendidik. (3) Manajemen, (4) Hasil program kerja sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mempelajari model evaluasi CIPP. Koleksi data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) Tim Pengembangan Sekolah (TPS) telah berusaha seoptimal untuk selalu mendukung program kerja sekolah, (2) Kompetensi guru sebagai pendidik yang terdiri dari 4 (aspek) yang kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian , kompetensi profesional dan kompetensi sosial cukup baik. (3) Pengelolaan program kerja sekolah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian telah mampu bekerja dengan baik oleh pendidik dan TPS. (4) pelaksanaan program kerja sekolah dapat dicapai dan tidak ada kendala.

Kata kunci: evaluasi melalui model CIPP, implementasi, program kerja sekolah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsim. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ekowati, Mas Roro Lilik. 2005. Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan atau Program, Edisi Revisi. Bandung: PT Rosdakarya

Fattah, Nanang. 2004. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Harsono. 2004. Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, B. Uno. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Manullang, M. 2005. Dasar-dasar Manajemen, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugroho, Riant Dwidjowijoto. 2006. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Gramedia

Setiawan. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku 2 Panduan Penyusunan Proposal dan Pelaporan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Rosdakarya

Stufflebeam, D.L. 2003. The CIPP Model for Evaluation, the Article Presented at the 2003 Annual Conferment of the OREGON Program Evaluation Notwork (OPEN). (online) (http://www.wmich.edu/evalct/cippmodel). Diakses pada tanggal 28 September 2014.

Suryosubroto. 2012. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (School Public Relations), Jakarta: Rineka Cipta

Suparlan, Eman. 2010. Manajemen Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Balitbang Dikdasmen, Depdikbud

Sudrajat, Akhmad. 2010. Kedisiplinan Siswa di Sekolah. (online) (http://www.duniaedukasi.net/2010/05/kedisiplin-siswa-di-sekolah.html) diakses tanggal 28 September 2014

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.