PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU

Gani Indra Praja, Supomo Kandar, Nandang Kosasih Ananda

Abstract


The purpose of this study was to determine  the  effect  of  the  principal  managerial  competence  and  academic supervision competencies principals in the professionalism of teachers Junior High School. This research is a quantitative approach that is research that  aims  to  investigate  the  events  that  have  occurred  and  then  trace backwards to determine the factors that cause such events. Collecting data in this study is using a Likert questionnaire degan scale. While the analysis of the data is using  a  simple  linear  regression  equation  and  multiple  regressions. To determine the significance of the regression equation used T test and F test. The results  showed  that  the  principal  effect  of  managerial  competence  in  the professionalism of teachers Junior High School is 63.0%, the  influence  of  the  principal  academic  supervision  competence  of  the teachers' pedagogical is 63.4%, then  the  effect  of  jointly  between  the  principal  managerial competence  and academic supervision of the professional competence of teachers junior High School are 77.9%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pokok kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah dalam profesionalisme guru SMP Sekolah Tinggi. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melacak ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Likert skala degan. Sedangkan analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Untuk menentukan signifikansi persamaan regresi yang digunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek utama kompetensi manajerial dalam profesionalisme guru SMP adalah 63.0%, pengaruh pengawasan kompetensi akademik utama pedagogis guru adalah 63,4%, maka efek secara bersama-sama antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik dari kompetensi profesional guru SMP SMA yang 77.9%.

Kata kunci: kompetensi  manajerial,  kompetensi  supervisi  akademik, profesionalisme guru.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2002. Profesional Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2010. Manajerial Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajeman Personalia dan Sumber daya Manusi. Yogyakarta: BPFE.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Proffesional dalam Kontek Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pidarta, M. 2006. Manajemen pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto. 2003. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Riva’i. 1992. Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Saefudin, Udin. 2009. Proses Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan D&R. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.