EVALUASI MANAJEMEN TEACHING FACTORY PADA UNIT PRODUKSI TRAINING HOTEL SMK KRIDAWISATA

I Nyoman Gali Darmawan, Bambang Sumitro, Sulton Djasmi

Abstract


The purpose of this study was to evaluate the management of teaching factory in Unit Production Hotel Training on vocational school of Kridawisata Bandar Lampung. This study used evaluation research approach of, and the CIPP was as the evaluation model. Data collection was conducted by interview, observation and documentation. The data was then analyzed by evaluative. The results showed that: (1) the teaching factory management having yet to implement the principles of School-Based Management. The culture industry; hygiene, discipline and hospitality adopted well by the students. (2) Leadership that is applied to support the implementation of the teaching factory. The access and quality of new students require specific criteria in new admissions. Planning, preparation less than the maximum required Work Plan of the School teaching factory. (3) The quality of teaching factory activity is capable to create industrial culture in the school and one of the sources of funding for school.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan teaching factory di Unit Produksi jurusan perhotelan SMK Kridawisata Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian evaluasi, dan CIPP adalah sebagai model evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen pabrik mengajar memiliki belum menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah. Industri budaya; kebersihan, disiplin dan perhotelan diadopsi dengan baik oleh para siswa. (2) Kepemimpinan yang diterapkan untuk mendukung pelaksanaan teaching factory. Akses dan kualitas mahasiswa baru membutuhkan kriteria khusus dalam penerimaan mahasiswa baru. Perencanaan, persiapan kurang dari Rencana Kerja maksimum yang diperlukan dari pabrik mengajar Sekolah. (3) Kualitas kegiatan teaching factory mampu menciptakan budaya industri di sekolah dan salah satu sumber pendanaan untuk sekolah.

Kata kunci: evaluasi, implementasi, manajemen teaching factory


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi ke dua. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas, 2007. Garis-Garis Besar Program SMK Tahun 2007. Jakarta: DPSMK

Griffin Ricky.W, 2006. Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall

Handayani Titin, Herawati, 2009. Optimalisasi Pengelolaan Unit Produksi SMK Guna Mendukung Pengembangan Sekolah. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY

Hasbullah, 2009. Implementasi Pabrik Pengajaran (Teaching Factory) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK (Jurnal). Jakarta: APTEKINDO

Puskur Balitbang, 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 No. 78. Tambahan Lembaran Negara republik Indonesia No. 4301)

Wirawan, 2011. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta. Rajawali Pers. PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.