IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 BANGUNREJO
Abstract
The purpose of this study is to describe and analyze: 1) Planning of principal academic supervision; 2) Implementation of principal academic supervision; 3) Evaluation of the principal supervision; 4) Response of teachers to the academic supervision is carried out. The method used in this study is using a qualitative case study approach. The techniques of collecting data are through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that: 1) academic supervision conducted by the Principal in order to improve teacher performance begins with: 1) academic supervision program planning; 2) The principal implementing academic supervision with several techniques, namely: teachers' board meetings or in its entirety, visit the class, classroom observation, and discussion of individual or individual supervision; 3) The principal as a follow-up evaluation after supervision, evaluation is done then followed up by the principal, 4) the teachers are very positive response to the supervision carried out.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis; 1) Perencanaan supervisi akademik kepala SMP Negeri 1 Bangunrejo; 2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah; 3) Evaluasi supervisi kepala sekolah; 4) Tanggapan guru terhadap supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru diawali dengan: 1) perencanaan program supervisi akademik; 2) Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dengan beberapa teknik yaitu: rapat dewan guru atau secara keseluruhan, kunjungan kelas, observasi kelas, dan pembicaraan individu atau supervisi secara individu; 3) Kepala sekolah melakukan evaluasi sebagai tindak lanjut setelah dilakukan supervisi, evaluasi dilakukan kemudian di tindaklanjuti oleh kepala sekolah, 4) Tanggapan guru sangat positif terhadap supervisi yang dilakukan.
Kata kunci: implementasi, kepala sekolah, supervisi akademik
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Anoraga, Panji. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta: Renika Cipta.
Anwar. 1986. Motivasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Renika Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2004. Supervisi Pengajaran, Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Melayu. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajartan Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lunenburg, Fred C & Beverly J. Irby. 2006. The Principal ship: Vision to Action. USA: Cengage Learning.
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexi. J. 2013. Penelitian Kualitatif Bandung: Rosdakarya
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mursel, J. 1980. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara.
Paraba, Hadirja. 2000. Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembina Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Friska Agung Insani
Pidarta, Made. 1996. Pemikiran Tentang Supervisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahartian, Piet A. 2008. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Satori, Djaman. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Simamora. 1997. Profesionalisme Guru Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudiarto. 1989. Supervisi Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatife, Kwalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi. 2005. Proposal Desertasi: Sistem Informasi Akademik Unila. Malang: Univ. Negeri Malang
Suprapto. 2003. Teknik Penelitian. Bandung: Alpabeta.
Surahmad. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutisna, Oteng. 1984. Supervisi dan Administrasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Jemmars Bandung.
Syaodih S., Nana. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tiffin, Joseph, McCormick, Ernest. J. 1979. Industrial Psychology (6th edition). New Delhi: Prentice-Hall of India.
Refbacks
- There are currently no refbacks.