PROFIL KINERJA PENGAWAS MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA LAMPUNG SELATAN
Abstract
The purpose of this study is to describe and analyze regarding: 1) academic and managerial supervision, 2) guide and train professional teachers, 3) implementation of professional development supervisor, 4) factors supporting and inhibiting factors supervisor performance and, 5) the efforts of the agencies in improving the performance of madrassas supervisors. This type of research is qualitative and phenomenological approach as a case study research design. Results of the study: 1) academic and managerial oversight begins with planning but in the implementation and in reporting the results of supervision is not optimal; 2) guide and train professional teachers through KKG / MGMPs; 3) the implementation of professional development supervisor has not been seen; 4) the performance of the supporting factors were little. (5) the efforts of the regulatory agencies in improving the performance as well as the recruitment of candidates for superintendent is doing well.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai: 1) akademik dan manajerial pengawasan, 2) panduan dan melatih guru-guru profesional, 3) pelaksanaan pengawas pengembangan profesional, 4) faktor pendukung dan penghambat kinerja faktor pengawas dan, 5) upaya lembaga dalam meningkatkan kinerja pengawas madrasah. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan fenomenologis sebagai desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian: 1) pengawasan akademik dan manajerial dimulai dengan perencanaan, tetapi dalam pelaksanaannya dan melaporkan hasil pengawasan tidak optimal; 2) panduan dan melatih guru-guru profesional melalui KKG / MGMP; 3) pelaksanaan pengawas pengembangan profesional belum terlihat; 4) kinerja faktor pendukung masih kecil; 5) upaya badan hukum dalam meningkatkan kinerja serta perekrutan calon pengawas berjalan dengan baik.
Kata kunci: profil, kinerja, pengawas madrasah, kementerian agama
Full Text:
PDFReferences
Akdon. 2009.Strategik Management for Education Management. Bandung: Alfabeta.
Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. 2011.Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Iskandar. 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitataif). Jakarta: GP Press.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Rahman B. 2012. Resedian Pembangunan Guru Berkarakter.Disampaikan pada seminar nasional Peran LPTK dalam Membentuk Karakter Bangsa.
Simanjuntak, P. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suharsaputra H. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
Yin, Robert, K. 2011.Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.