EFEKTIVITAS PERAN DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH METRO

Sumi Maryati, Sowiyah Sowiyah, Sulton Djasmi

Abstract


The purpose of this research is to describe the implementation of the principle’s role and function in leading Elementary School of Muhammadiyah in Metro. This research is focus on the principle’s role and function as an educator, a manager, an administrator, a supervisor, a leader, an innovator, a motivator, and an entrepreneur. Qualitative research uses case study, data collecting technique by observation, documentation and interview. The results of this research are: 1) as an educator, the principal has professionalism, 2) as a manager, the principal does the management functions well, 3) as an administrator can run well, 4) as a supervisor, increase their jobs, 5) as leader can run well, 6) as an innovator can run well, 7) as a motivator can run well, 8) as an entrepreneur, the principal has the soul of entrepreneur, high motivation, hard working, creativity in developing a school.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran prinsip dan fungsi dalam memimpin Sekolah Dasar Muhammadiyah di Metro. Penelitian ini fokus pada peran prinsip dan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, motivator, dan pengusaha. Penelitian kualitatif menggunakan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) sebagai seorang pendidik, kepala sekolah memiliki profesionalisme, 2) sebagai manajer, kepala sekolah melakukan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, 3) sebagai administrator dapat berjalan dengan baik, 4) sebagai pengawas, meningkatkan pekerjaan mereka , 5) sebagai pemimpin dapat berjalan dengan baik, 6) sebagai inovator dapat berjalan dengan baik, 7) sebagai motivator dapat berjalan dengan baik, 8) sebagai pengusaha, kepala sekolah memiliki jiwa entrepreneur, motivasi tinggi, bekerja keras, kreativitas dalam mengembangkan sekolah.

Kata kunci: implementasi, kepemimpinan, peran dan fungsi kepala sekolah


Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: UPT Penerbit Unila

Bungin, Burhan. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press

Bogdan, Robert C., and Sari Knopp Biklen. 1998. Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Methods. 3rd ed. New York: Allyn and Bacon

Daryanto. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mantja, W. 2003. Etnografi: Desain Penelitian dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Miles, M.B.,& Huberman, A.M. 1992. Analisa Data Kualitatif. (Penerjemah: Rohidi. R.T.). Jakarta: UI Press

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rivai, H. Viethzal&Murni, Sylviana. 2009. Education Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. 2012. Model-Model Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.