IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN GURU BERKARAKTER

Fariza Marga Sari, Bujang Rahman, Sowiyah Sowiyah

Abstract


This study aims to describe and analyzed remedy implementation of transformational leadership style head MTsN Kotaagung, teacher character formation, which made efforts Kotaagung MTsN head teacher in the formation of character, obstacles in the formation of character in MTsN Kotaagung teacher. This research is used qualitative case study design. The results showed that: 1) the leadership and the attitude shown, 2) the establishment of teacher character in MTsN Kotaagung because of personal awareness to improve the quality of self, 3) the efforts made head MTsN Kotaagung by example and behavior thus forming a cultural virtue madrassa, 4) barriers that occur for suggestions and infrastructure are not maximized.

Penelitian ini bertujuan untk mendeskripsikan dan menganalaisis implementasi gaya kepemimpinan transformasional kepala MTsN Kotaagung, pembentukan guru berkarakter, upaya-upaya yang dilakukan kepala MTsN Kotaagung dalam pembentukan guru berkarakter, hambatan dalam pembentukan guru berkarakter di MTsN Kotaagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan dan sikap yang ditunjukkan 2) Pembentukan guru berkarakert di MTsN Kotaagung karena kesadaran pribadi dengan meningkatkan kualitas diri, 3) upaya yang dilakukan kepala MTsN Kotaagung dengan memberi contoh prilaku dan kebajikan sehingga membentuk budaya madrasah, 4) Hambatan yang terjadi karena saran dan prasaran yang belum maksimal.

Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, guru berkarakter, implementasi, kepala madrasah


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Darling, Linda., Hamond. 2006. Powerful Teacher Education. First Edition. USA: Jossey Bass Dubrin,

Hoy, Wayne K., Miskel, Cecil G.2005. Educational Administration Theory,Research, and Practice. Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill.

Komariah, Aan., Triatna, Cepi.2006. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas.2004. Character Matters. New York: Touchstone.

Leithwood, K. & Riehl, C. 2003. What We Know About Successful School Leadership. Philadelphia, PA: Laboratory for Student Success, Temple University.

Miles, B.M.& Huberman, M.A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohani, R.T. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Northouse, Peter G. 2013. Kepemimpinan Teori dan Praktek. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.

Rahman, Bujang. 2013. Rekonstruksi Paradigma Pendidikan untuk Memperkuat Karakter Bangsa melalui Implementasi Kurikulum 2013. Pidato ilmiah dalam rangka Dies Natalis Universitas Lampung tanggal 23 September 2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo.

Ryan, Will. 2008. Leadership with a Moral Purpose. United Kingdom: Crown House.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul. Lombok: Holistica.

Wibowo, Agus., Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter.: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulk, Gary. 2010. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta: Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.