PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Abstract
This study aims to analyze and describe the teachers' understanding of the ongoing professional development (PKB), the principal leadership role as a motivator, innovator, and aspirator. This type of research is descriptive qualitative research approach with a case study design. The results of the research data showed: 1) the extent of teachers' self-development is better, 2) the role of the principal as a motivator well done by teachers opinion, 3) the principal's role as an innovator with the steps undertaken principals doing well, 4) the role of the principal as an aspirator done by inviting dialogue and discussion, 5) obstacles encountered in low CLA include teachers' understanding of the CBA.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pemahaman guru dari pengembangan profesional berkelanjutan (PKB), peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator, inovator, dan aspirator. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil data penelitian menunjukkan: 1) tingkat pemahaman guru dalam pengembangan diri baik, 2) peran kepala sekolah sebagai motivator yang dilakukan dinilai baik oleh guru, 3) peran kepala sekolah sebagai inovator dengan langkah-langkah prinsipal dilakukan dengan baik, 4) peran kepala sekolah sebagai aspirator dilakukan dengan mengundang dialog dan diskusi, 5) kendala yang dihadapi dalam CLA rendah termasuk pemahaman guru tentang CBA.
Kata kunci: aturan, kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan keprofesian berkelanjutan
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2013. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Bandung: Yrama Widya.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Eric G. Stephan R. Wayne Pace. 2002. Power Leadership. Upper Saddle River, NJ.: Prentice-Hall, Inc.
Miles, B.M.& Huberman, M.A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohani, R.T. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong J., Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Negara. 2005. Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemdiknas
Sallis, Edward. 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet Ke-8. Bandung : Alfabeta.
Supriyadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.
Suyanto, Djihad, A. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Cet ke-2. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Depdiknas.
Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Wayne K, Miskel, Cecil G. 2005. Educational Administration Theory, Research, and Practice. Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill
Refbacks
- There are currently no refbacks.