PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA

Harjimat Harjimat, Alben Ambarita, Sumadi Sumadi

Abstract


This study aims to know and analyze: 1) the influence of principal situational leadership styles on teacher performance, 2) the influence of school climate on teacher performance, 3) the influence of work motivation on teacher performance, and 4) the influence of principal situational leadership style, school climate, and work motivation on the SMK teacher performance in Metro City. This research is using an ex post facto method that investigates or examines the events that have occurred. The results of this study conclude: there is a positive and significant influence of situational leadership style, school climate and work motivation on SMK teacher performance in Metro City, means better situational leadership style, more conducive school climate and higher work motivation, and then teacher performance will be better.

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, 3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan 4) pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto yaitu menyelidiki atau menguji peristiwa yang telah terjadi. Hasil penelitian ini menyimpulkan : terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan situasional, iklim sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Negeri Kota Metro, artinya semakin baik gaya kepemimpinan situasional, semakin kondusif iklim sekolah dan semakin tinggi motivasi kerja maka semakin baik pula kinerja guru.

Kata kunci: gaya kepemimpinan situasional, iklim sekolah, kinerja guru, motivasi kerja


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Barnawi dan Arifin, Mohammad. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dubrin, Andrew J. 2010. Principles of Leadership . Canada: Nelson Educational

Hadis, Abdul dan Nurhayati.2010.Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabetha

Hoy, Wayne K & Miskel, Cecil G. 2001. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. Singapure: Mc Graw-Hill Co

Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Maisah dan Yamin, Martinis. 2010 . Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama

Maskat, Djunaidi. 1992. Kepemimpinan Efektif di Lingkungan POLRI. Bandung: Pustaka

Mulyadi. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan megefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press

Rivai, Veithzal dan Murni. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Stringer, Robert. 1984. Efektifitas Organisasi. LP3S: Jakarta

Subur, Jumadi. 2007. Leadership and monkey Business. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sudjana. 1996. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Thoha, Miftah. 2004. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Usman, Husaini.2009. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Winardi, J. 2002. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenada Media

Wirawan. 2008. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.