HUBUNGAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU
Abstract
The problem of this research is how the relationship managerial competencies principals ability and achievement motivation with teacher performance in the management of learning in SD Gugus IV Kemiling Permai Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative research design. The method used was a survey method. The results showed that: (1) There is a positive and significant relationship between managerial competencies principals with teacher performance in the management of learning 71.9%, (2) There is a positive and significant relationship between achievement motivation and performance management of teachers in teaching 51.6%, (3) There is a positive and significant relationship between the principal managerial competence and achievement motivation 83.9%, (4) There is a positive and significant relationship between the principal managerial competence and achievement motivation in learning with teacher performance 53.9%.
Masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan kemampuan kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran di SD Gugus IV Kemiling Permai Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran 71.9%, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran 51.6%, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan motivasi berprestasi 83.9%, (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru dalam pembelajaran 53.9%.
Kata kunci: kinerja guru, manajerial kepala sekolah, motivasi berprestasi
Full Text:
PDFReferences
Akdon. 2002. Indentifikasi Faktor-Faktor Kemampuan Manajerial. Jurnal Adminitrasi Pendidikan. Universitas Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Gomes, Faustino Cardoso. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Mulyasa. E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan MBK, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
M. Entang dan Joni Raka. 1998. Pengelolaan Kelas, Jakarta : Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.
Nasrun. 2001. Media, Metoda dan Pengelolaan Kelas Terhadap Keberhasilan Praktek Lapangan Kependidikan, Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan Universitas Negeri Padang XXVI (04), Desember.
Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud
Rahman. 2005. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung : AKSI.
Rusyanto, R. Suwandi. 2002. Upaya pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran. Bandung : Rodaskarya.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Pengembangan Kinerja Guru. http://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/pengembangan-kinerja-guru/. Akses tanggal 11 maret 2013
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Adminitrasi, Bandung: Alfabeta.
Undang Undang Nomor 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas Republik Indonesia.
Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Winardi, J. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.