MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
The aim of the research was to identify and describe the learning management special needed case study for language learning to the deaf children in SLB PKK Lampung Province: 1) The system of identification and assessment for language learning, 2) learning process to the children's, 3) the final result to get in language learning program the children’s in SLB PKK Lampung Province. Design of the research is qualitative with phenomenology approach. The results showed: (1) Identification and assessment has been done to determine the ability of the students and their needs. (2) The management process of language learning in children with hearing impairment in Lampung province of SLB PKK has done well. (3) Results of the process of language learning management are good communication skills for students with hearing impairment.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan studi kasus khusus yang diperlukan manajemen pembelajaran untuk belajar bahasa kepada anak-anak tuna rungu di SLB PKK Provinsi Lampung: 1) Sistem identifikasi dan penilaian untuk belajar bahasa, 2) proses pembelajaran kepada anak-anak, 3) hasil akhir untuk mendapatkan dalam program pembelajaran bahasa anak-anak di SLB PKK Propinsi Lampung. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Identifikasi dan penilaian telah dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dan kebutuhan mereka. (2) Proses manajemen pembelajaran bahasa pada anak-anak tuna rungu di provinsi Lampung dari SLB PKK telah dilakukan dengan baik. (3) Hasil dari proses manajemen pembelajaran bahasa adalah keterampilan komunikasi yang baik bagi siswa tuna rungu.
Kata kunci: anak berkebutuhan khusus, manajemen pembelajaran, pendidikan inklusi
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2008. Pedoman Pelaksanaan Manajemen SLB. Tunarungu (B). Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamalik. Omar. 2001. Perencanaan Pembelajaran. Rosdakarya. Bandung.
Moleong, L.J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah RI No.22 tahun 2006 tentang Sistem Kurikulum Pendidikan Khusus. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
Sonhadji, A.K.H. 2001. Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Dalam Arifin. Penelitian Kualitatif, Malang: Kalimasada Press.
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.