Analysis of The Fourth Principles of Pancasila in PPKn Learning in Islamic High School Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung
Abstract
Saat ini penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mengalami degradasi. Salah satunya di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien (PPHM) Ngunut Tulungagung. Permasalahan yang terjadi di SMA Islam Sunan Gunung Jati adalah banyak siswa yang keluar kelas pada jam-jam tertentu terutama pada jam ke-6 ke atas. Alasan mereka keluar kelas untuk membeli sesuatu, setelah di luar sebenarnya mereka membeli sesuatu tetapi mampir ke play station (PS), main billiard, nongkrong di warung kopi, merokok dan sebagainya. Oleh karena itu peran seorang guru khususnya guru PPKn sangat diperlukan dalam memberikan bimbingan, pemahaman dan pembelajaran agar dapat menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan bagaimana penerapan Sila Keempat di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Analisis Sila Keempat di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan merupakan penemuan fenomena yang terjadi di lapangan dengan desain penelitian deskriptif berupa komunikasi tertulis dan lisan dari penulis yang berinteraksi dengan informan. Dalam penelitian ini dilakukan melalui aspek mengamati sesuatu (objek penelitian), kemudian menjelaskan fakta yang akurat sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan. Dari hasil penelitian ditemukan: pada saat jam belajar siswa lebih sering keluar kelas terutama pada pukul 6 ke atas, mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain Play Station, bermain billiard, nongkrong di warung kopi, merokok dari pada mengikuti jam belajar di kelas. Implementasi nilai-nilai Pancasila pada sila keempat di SMA Islam Sunan Gunung Jati belum berjalan secara optimal, namun sebagian siswa di SMA Islam Sunan Gunung Jati memahami bahwa nilai Pancasila ke-4 menitikberatkan pada kepentingan negara dan masyarakat, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran PKN, Sila Ke-4 Pancasila.
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., Perdana, D. R., & Ulpa, E. P. (2021). Kepribadian Guru PPKn Sebagai Role Model Untuk Memperkuat Moral Siswa Dan Penguatan Program Pendidikan Karakter. Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19: Peluang Dan Tantangan, 1–10. http://repository.lppm.unila.ac.id/28716/%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/28716/1/Prosiding Semnas FKIP 2021_6.pdf
Dewi, A. K., Hasanah, A. H., Rahmanisa, L., Nabila, K. H., & Adha, M. M. (2021). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Landasan Terbentuknya Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Lampung. E Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2021 “Respons Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menyambut Era Society 5.0,” 2015, 1–11.
Irwan Triadi, A. K. S. (2023). Implementasi Prinsip-Prinsip Demokrasi dalam Hukum Tata Negara Indonesia. JOSh : Journal of Sharia, 2(2), 1–9.
Nurwahidin, M., Rika Perdana, D., Izzatika, A., Apriliyani, R., Konseling, P. B., Keguruan, F., Pendidikan, I., Lampung, U., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024 Implementasi Pancasila dalam Transformasi Teknologi dan Budaya. 1–4.
Pratiwi, R., & Trisiana, A. (2021). Pentingnya Peran Guru PKn dalam Membangun Moral Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 1–13. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.30775
Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432
Suyahmo. (2015). Implementasi Sila Ke 4 “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” Sebagai Lokus Pendidikan Demokrasi Di …. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1), 49–57. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5707
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).
Refbacks
- There are currently no refbacks.