IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL

Nurul Huda, Alben Ambarita, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The purpose of this study was to describe and analyze the implementation of quality management ISO 9001: 2008 in SMK Negeri 2 Metro. The study design is descriptive analytic using qualitative approach with interviews, observations and documentations of the implementation of quality management ISO 9001: 2008. Data obtained from the respondents through observation, interviews, and documentation. The results showed that the implementation of quality management system ISO 9001: 2008 through 8 quality management principles in SMK Negeri 2 Metro run simultaneously and integrated with the clause of the quality management system ISO 9001: 2008.

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen mutu SMM ISO 9001 : 2008 di SMK Negeri 2 Metro. Rancangan penelitian adalah deskriptif analitik menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi implementasi manajemen mutu SMM ISO 9001 : 2008. Data yang diperoleh dari responden melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SMM ISO 9001 : 2008 melalui delapan prinsip manajemen mutu di SMK Negeri 2 Metro berjalan secara simultan dan terintegrasi dengan klausul SMM ISO 9001 : 2008.

Kata kunci: mutu manajemen, pelanggan eksternal, pendidikan vokasional


Full Text:

PDF

References


BPS .2000. Statistik Indonesia

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K.B. 1998. Qualitative Reseach For Education to Theory and Methods. Allyn. And Bacon. Inc. Boston.

Lincoln, Y, S dan Gube, EG. 1985. Naturalistic Inquiry, Beverly Hill. Sage Publication.

Moleong, L.J. 1995. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Nasution. 1992. Metode Research. Bandung : Jemmars.. (1988). Metode Penelitian Naturalistik. Tarsito. Bandung.

Sallis, E. 1993. Total Quality Management In Education. London: Kogan Page Ltd.

SNI/Standar Nasional Indonesia. 1991. Manajemen Mutu: SNI Seri 9001 : 2000

SNI/Standar Nasional Indonesia. 1991. Sistem Manajemen Mutu, Panduan untuk Perbaikan: SNI Seri 9001 : 2000

SNI/Standar Nasional Indonesia. 1991. Sistem Manajemen Mutu: Persyaratan, SNI Seri 9001 : 2000

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D). Alfabeta. Bandung

Suwartoyo .2005. “ Mutu Pelayanan Pendidikan”. Harian Kompas Tgl 18 Januari.

Taylor, B. 1994. Successful Change Strategies, Simon & Schuster International, Co, GB

Usman, Husaini. 2010. Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Yin, Robert, K. 2011. Studi Kasus Desain dan Metode. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Wardiman Djojonegoro .2007. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Penerbit PT. Jayakarta Agung Offset. Jakarta.

Wenrich, R.C., dan Wenrich, J.W. 2004. Leadership in Administration of Vocational and Technical Education. Columbus: Charles E Merrill Publishing Company, A Bell & Howell Company


Refbacks

  • There are currently no refbacks.