Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Vokasional Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri
Abstract
Abstrak: Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Vokasional Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. Dalam penyelenggaraan manajemen pendidikan vokasional tidak hanya ditentukan oleh infrastruktur, sarana dan prasarana, serta dukungan pembiayaan semata. Namun hal ini juga sangat ditentukan keberhasilan mengelola sumber daya manusia. Pemimpin merupakan hal penentu dalam keberhasilan dan suksesnya tujuan suatu institusi atau lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serta dalam menghadapi tantangan revolusi industri di kalangan pendidikan kejuruan, terutama di sekolah menengah kejuruan (SMK). Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Triangulasi data menggunakan triangulasi metode, sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin di pendidikan vokasional sangat diharapkan untuk bisa mengikuti perkembangan di era globalisasi saat ini. Pemimpin juga memainkan peranan kritis, yaitu melalui strategi peningkatan kuantitas tenaga kependidikan, peningkatan kualitas tenaga kependidikan, dan pengembangan sistem penilaian kinerja. Pendidikan vokasi adalah bidang pendidikan yang menekankan tujuan pendidikan pada kemampuan dan skill sebagai bekal bagi peserta didik untuk melanjutkan kehidupan. Dari berbagai literatur yang dikaji, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam pengelolaan pendidikan vokasi antara lain: kepemimpinan dan tipe instansi pendidikan, penguasaan dan kompetensi, dan kondisi masyarakat dan sosial budaya. Berbagai faktor tersebut, secara teoritis ternyata sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemimpin dan juga produktivitas dalam pembangunan sumber daya manusia seutuhnya.
Kata kunci: manajemen, pendidikan vokasional, tantangan, globalisasi
Full Text:
PDFReferences
Atkins, L., & Tummons, J. (2017). Professionalism in vocational education: international perspectives. Research in Post-Compulsory Education, 22(3), 355–369. https://doi.org/10.1080/13596748.2017.1358517.
Bouwmans, M., Runhaar, P., Wesselink, R., & Mulder, M. (2019). Towards Distributed Leadership in Vocational Education and Training Schools: The Interplay Between Formal Leaders and Team Members. Educational Management Administration and Leadership, 47(4), 555–571.
Dessi Asdrayany, Anis Zohriah, Anis Fauzi. (2023). Analisis Prinsip Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal on Education Volume 05, No. 04, Mei-Agustus 2023, pp. 16529-16540 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe.
Dirawat, dkk. (2010). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Ditjen Pendidikan Vokasi. (2020). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020- 2024. Ditjen Pendidikan Vokasi.
Fitriyanto, M. N., & Pardjono, P. (2019). Factors affecting the employability skills of vocational students majoring mechanical engineering. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 132–140.
Gedminiene, M., & Kaminskiene, L. (2016). Educational Leadership In Higher Education: A Scientific Literature Review. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS, 21(3), 93–98.
Hakim, L. (2016). Manajemen Perguruan Tinggi Menuju Perubahan Kualitas Layanan Mutu. Jurnal Al Ta’dib, 6(1), 32–43.
Hartanto, C. F. B., & Haryani, H. (2020). Analisis Tata Kelola Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Pendidikan Tinggi Vokasi Kemaritiman Di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(1), 20–29. Https://Doi.Org/10.51578/J.Sitektransmar.V2i1.14.
Haudi. (2022). “Manajemen Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah”. Jurnal: Ikraith-Humaniora. 6(1).
Indrawan, I., Wijoyo, H., Sutarna, A., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi (1st Ed.). CV. Pena Persada.
Irwan. I. (2020). “Pengembangan Pembelajaran Pai Yang Integratif: Antara Guru PAI. Orang Tua dan Masyarakat”. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman DanKemanusiaan. 4(1).
Javaid, M. F., & Mirza, M. U. (2013). Leadership Style Enhances the Employee Organizational Commitment: A Case Study of Educational Institute in Lahore. International Journals and Conference of Management, Statistics, and Social Sciences, 24(1), 1–26.
Kipsoi, D. E. J., Chang’ach, D. J. K., & Sang, H. C. (2012). Challenges Facing Adoption of Information Communication Technology (ICT) In Educational Management in Schools in Kenya. Journal of Sociological Research, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.5296/jsr.v3i1.1882.
Kumaran, M. (2012). Leadership in libraries: A focus on etnic minority librarians. Oxford: Chandos Publishing.
Le, Q. T., Bui, T. T. M., & Phung, T. L. (2020). Application of change management theory to command new teaching activities in high schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(3), 557–568.
Lettmayr, C. F., & Nehls, H. (2011). Exploring Leadership in Vocational Education and Training.
Makawimbang, Jery H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfa Beta.
Mburayi, L., & Wall, T. (2018). Sustainability in the professional accounting and finance curriculum: an exploration. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 8(3), 291–311. https://doi.org/10.1108/HESWBL-03-2018-0036.
Model Pendidikan Vokasi Yang Efektif Dan Efisien, (2008).
Ngalim purwanto. (2004). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: CV Masa agung.
Nugroho. Y. A. “Kajian Tentang Belajar Kepemimpinan Dari Pemimpin Terbaik”. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 7(2).
Obiwuru, T. C., Okwu, A. T., Akpa, V. O., & Nwankwere, I. A. (2011). Effects of Leadership Style on Organizational Performance: A Survey of Selected Small Scale Enterprises in Ikosi-Ketu Council Development Area of Lagos State Nigeria. Australian Journal of Business and Management Research, 1(7), 100–111.
Overton, Rodney. (2002). Leadership Made Simple. Singapura: Wharton Books, Pte. Ltd.
Painter-Morland, M., Sabet, E., Molthan-Hill, P., Goworek, H., & de Leeuw, S. (2016). Beyond the Curriculum: Integrating Sustainability into Business Schools. Journal of Business Ethics, 139(4), 737–754. https://doi.org/10.1007/s10551-015-2896-6.
Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. (2018). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Presiden Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Sekretariat Negara.
Presiden Republik Indonesia. (2019). Peraturan Presiden RI No. 82 Tahun 2019 Tentang Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kementerian Sekretariat Negara.
Reeder, L. A. (2014). The impact of leadership styles on libraries, Ph.D Dissertation. United States: Capella University.
Rehman, S.-U., Shareef, A., Mahood, A., & Ishaque, A. (2012). Perceived Leadership Styles and Organizational Commitment. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(1), 616–626.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational Behaviour (13th ed.). Pearson Education Inc.
Rukmani, K., Ramesh, M., & Jayakrishnan, J. (2010). Effect of Leadership Styles on Organizational Effectiveness. European Journal of Social Sciences, 15(3), 365–370.
Sallis, E. (2010). Total Quality Management in Education (A.A.).
Slamet, P. (2011). Peran Pendidikan Vokasi Dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala Pendidikan, Juni(2), 189-203.
Sugiyanti, U. (2012). Gaya kepemimpinan penanggung jawab perpustakaan dalam mendukung pengembangan kualitas pelayanan perpustakaan (Tesis magister). Yogyakarta: Sekolah Pasca Sarjana UGM.
Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching.
Thi, T., An, M., & Son, N. Q. (2019). Current Management Situation of Education Activities for Social Evils Prevention Skills at Junior Secondary Schools in Rural, Midlands and Mountainous Areas in the Context of Industrial Revolution 4.0 and International Integration. 110-117.
Trang, I., Armanu, S., A., & Noermijati. (2013). Organizational Commitment as Mediation Variable Influence of Work Motivation, Leadership Style and Learning Organization to the Employees Performance (Studies at PT. Pelabuhan Indonesia IV (Limited) Branch Bitung. IOSR Journal of Business and Management, 7(2), 12–25. https://doi.org/10.9790/487x-0721225.
Vynnychenko, K. V., & Ezhova, O. V. (2016). Competency-Based Approach to Education Programme Development: the Case of Technology and Engineering Teacher Qualification (Technology of Light Industry). Engineering Education, 19, 52–56. Retrieved from http://www.unn.ru/.
Wagner, T. (2008). The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don’t Teach The New Survival Skills Our Children Need-And What We Can Do About It (1st Ed.). Basic Books.
Wahab, Abdul Aziz. (2008). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wenrich, 1974. Leadership in Administration of Vocational and Technical Education. Columbus, Ohio : Charles Merril.
Wiza, M., & Hlanganipai, N. (2014). The Impact of Leadership Styles on Employee Organisational Commitment in Higher Learning Institutions. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(4), 135– 143.
Yoto. (Tanpa Tahun). MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Sebuah Kajian Teoritis). Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jl. Surabaya No. 6 Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.