IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERPADU PENDIDIKAN
Abstract
The focus of this research is how the implementation of the education Integrated Management Information Systems. This study uses a descriptive qualitative research design. The source of research is interview, observation, and documentation. The results are: (1) Information has not fully on time, but already complete, relevant, and comprehensive. (2) Resources in information processing, synergy with one another to help in the management process. (3) Implementation is support the daily performance of the organization. (4) Implementation is able to improve the quality of management information, provide access to factual information, giving positive feedback to the standardized quality of service, and can manage and be effective and efficient.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Sistem Informasi Manajemen Terpadu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber Penelitian berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Informasi yang diterima belum sepenuhnya tepat waktu, namun sudah lengkap, relevan, dan komprehensif. (2) Sumber Daya dalam proses pengolahan data menjadi informasi saling bersinergi satu dengan yang lain membantu dalam proses manajemen. (3) Implementasi mendukung kinerja harian organisasi, mendukung kinerja manajemen, serta mampu mempengaruhi pemenuhan kewajiban yang berhubungan dengan aset organisasi. (4) Implementasi mampu meningkatkan kualitas pengelolaan informasi, memberikan akses informasi yang faktual, memberikan timbal balik yang positif terhadap pelayanan mutu terstandarisasi, serta dapat mengelola dan menjadi media komunikasi efektif dan efisien.
Kata kunci: pengambilan keputusan, sistem informasi manajemen pendidikan, teknologi informasi
Full Text:
PDFReferences
Hall, J.A. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 3, Salemba Empat: Jakarta.
Harsono, Djati. 2009. Implementasi Kebijakan Sistem Informasi dan Manajemen Pertanahan nasional (simtanas) di Kantor Pertanahan Kabupaten Jepara. Tesis Pascasarjana Universitas Dipenogoro: UNDIP
Miles, Matthews dan Huberman A, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press
Mirfani, dkk. 2009. Administrasi Pendidikan. Bandung: Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI
Moleong. 1999. Metodologi Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyatiningsih, Dr. Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Rochaety, Ety dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.