Analisis Manajemen Sarana Prasarana Laboratorium Vokasional Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Irwanto Irwanto

Abstract


Abstrak: Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai manajemen laboratorium yang tepat di program studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan faktor penghambat pengelolaan fasilitas laboratorium vokasional teknik elektro. Metodologi penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di Laboratorium Vokasional Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil temuan dari penelitian ini adalah perencanaan laboratorium dilaksanakan melalui 2 prosedur yaitu analisis kebutuhan dan penentuan skala prioritas. Struktur organisasi yang dibentuk berdasarkan pemilihan oleh ketua program studi yang dibuat berdasarkan kompetensi di setiap personil. Dalam pelaksanaan di laboratorium vokasional teknik elektro berupa penggunaan laboratorium, penyediaan bahan dan peralatan, serta peminjaman alat. Pengawasan peralatan di area laboratorium dilaksanakan dengan menjadikan kartu identitas sebagai jaminan. 

Kata kunci: manajemen, peralatan, laboratorium, vokasional, teknik elektro.

DOI: 10.23960/jmmp.v11.i2.2023.02

 


Full Text:

PDF

References


Afid Burhanudin. (2013). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Diakses tanggal 1 Agustus 2019, dari https://afidburhanudin.wordpress.com2013/05/21/pengumpulan-data-dan-instrumen penelitian.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Soucebook. Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press.

Mujdia Rahardjo. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Diakses tanggal 22 Januari 2019, dari http://repository.uin-malang.ac.id/1104/ Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto & Thomas Sukardi (2015). Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purowejo. JPVTM. 22(3), 291-306. Putut Hargiyanto. (2011). Analisis Kondisi dan Pengendalian Bahaya di Bengkel/Labobatorium Sekolah Menengah Kejuruan. JPVTM. 20(2), 203-210.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Tatang M Amirin. (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.