The Role of Parents in Developing Early Literacy in Children Aged 4-6 Years

Chintya Oktaviani, Renti Oktaria

Abstract


This study aims to determine the role of parents in developing early literacy in children aged 4-6 years. This research is a non-experimental research with a quantitative approach and uses a descriptive method. The population in this study was 165 parents (mothers) and the sample in this study was 83 parents (mothers) who sent their children to kindergarten in Ambarawa Village, Pringsewu Regency, Lampung Province. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling. Data collection in this study was conducted using a questionnaire. While the data were analyzed using interval and percentage formulas.modeling in developing early literacy it shows a percentage of 47%, parents as mentoring shows a percentage of 58%, as organizing shows a percentage of 41%, as teaching shows a percentage of 51% so that the role of parents in developing early literacy in children aged 4-6 years in Ambarawa Village, Regency Pringsewu, Lampung Province is dominated by the role of parents as mentoring.

 

Keywords: The role of parents, early literacy, children aged 4-6 years

 

DOI: 10.23960/jmmp.v9.i2.2021.01

 


Full Text:

PDF

References


Amalia, Rizki & Nurkamelia Mukhtar. 2019. Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Budaya Literasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Cahaya Bunda Lhokseumawe. Jurnal PAUD. 2: 225-226.

Amariana, Ainin. 2012. Keterlibatan Orangtua Dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andriani, M. 2019. Keterampilan Literasi Anak Usia 8-9 Tahun di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa. 2: 46-47.

Anggraini, Nita. 2010. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak

TK Di Kecamatan Pulung. (Skripsi). Universitas Airlangga

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Barratt-Pugh, Caroline & Mary Rohl. 2000. Literacy Learning in The Early Years. Perpetua, Australia.

Burhanuddin, Ayu W. 2019. Pengaruh Metode Multi Sensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Di TK ABA Forsimat Teko Desa Bontokoraang Kepulauan Selayar. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Cahyani, Indah R. 2015. Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Literasi Dini (Early Literacy) di Kabupaten Sidoarjo. (Skripsi). Universitas Airlangga.

Central Connecticut State University. 2017. World’s Most Literate Nations. www.ccsu.edu.website://http://www.ccsu.edu/wmln/ rank.html. Diakses pada 7 Maret 2021

Clay, M.M. 2001. Change Over Time in Children’s Literacy Development: Porhmouth: Heinemann dalam Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dam Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dail, A. R., & Payne, R. L. 2010. Recasting The Role of Family Involvement in Early Literacy Development: A Response to The NELP Report. Educational Researcher.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Rajawali Pers, Jakarta.

Dewi, R.C. 2018. Kompetensi Literasi Digital di Instagram. (Skripsi) UIN Yogyakarta.

Dewi, Bahrotun R. 2019. Home Reading Program Dalam Menumbuhkan Keterampilan Baca Anak Usia Dini Di RT 01/ RW 03 Desa Sidaurip Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. (Skripsi). IAIN Purwokerto.

Dougherty, Dorothy P, 2014. Ajari Aku Mengucapkannya Dengan Benar dan Membantu Anak Anda Yang Mengalami Masalah Artikulasi. Terjemahan Ahmad Fajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Fantuzzo. 2004. Multiple Dimension of Family Involment and Their Relations to Behaviorial and Learning Competencies for Urban, Low-Income Childrens. School Psychology Review.

Fitriyani, Nur Rohmi. 2016. Teknik Stimulasi Keterampilan Literasi Awal Anak Pra Sekolah Oleh Ibu Di Rumah. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitriyani, N.& Joni. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Ayu Smart Kids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1: 2-3.

Foster & Purves. 1984. Literacy and Society with Particular Reference to non- Western World. In R. Barr and M.L Kamil & P. Mosenthal & P.D Pearson (Eds). Handbook and Reading Research. New Jersey Lawrence Erlbaum Associates.

Friedman, M. Marlyn. 1998. Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik. EGC, Jakarta.

Ghoting, S. N., & Martin-Diaz, P. 2005. Early Literacy Storytimes @ Your Library[R]: Partnering with Caregivers for Success. In ALA Editions. Gunarsa, S.D & Singgih D. G. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Libri, Jakarta.

Handaru, Marcellinus B.P. 2015. Penggunaan Sumber Belajar Tulisan Label Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Fungsional Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Harahap, DP & Wisjnu Martani. 2019. Pelatihan Rumah Ramah Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Stimulasi Literasi Pada Orang Tua. Gadjah Mada Journal of Professional Psycology. 2 :137-138.

Hasan, Maemunah. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Mutu Pendidikan Anak Untuk Para Guru dan Orang Tua. Diva Press, Yogyakarta. Horton, P. B., & Hunt, C.L. 2006. Sosiologi. Erlangga, Jakarta.

Inten, Dinar N. 2017. Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age. 1: 23-24.

Irna. 2019. Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Jurnal Fascho. 1: 6-8.

Istiani, I. 2013. Pengaruh Orang Tua dan Spiritual Terhadap Perilaku Kekerasan Remaja di SMP Negeri 2 Rembang Kabupaten Purbalingga (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Katranci, M. 2018. Examining the Relationship between Early Literacy Skills, Parents’ Reading Beliefs and Home Literacy Environment. International Journal of Languages’ Education.

Kemendikbud. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Survey Internasional PIRLS. http://litbang.kemdikbud. go.id/index.php/survei-internasional-pirls. Diakses pada 7 Maret 2021

Kemendikbud. 2017. Hasil Indonesian National Assesment Program. https://puspendik.kemendikbud.go.id/inap-sd/. Diakses pada 7 Maret 2021

Kennedy, E., Dunphy, E., Dwyer, B., Hayes, G., McPhillips, T., Marsh, J., et al. 2012. Literacy in Early Childhood and Primary Education (3-8 years). Commissioned Research Report National Council for Curriculum and Assesment (NCCA). Dublin City University:

Kern, Richard. 2000. Literacy & Language Teaching. Oxford University Press, Oxford.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Kencana, Jakarta.

Maemunah, Siti. 2013. Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak ABA Gaden III Bodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Magdalena. 2020. Upaya Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Membaca Anak Usia Dini. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

Mangesti, F.D. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. (Skripsi). IAIN Ponorogo.

Masjidi. N. 2017. Agar Anak Suka Membaca: Sebuah Panduan bagi Orang Tua. Media Insani. Yogyakarta.

Mu’awwah, Uyu. 2018. Pemanfaatan Bigbook sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Prosiding Seminar Nasional. 1: 62-63.

Muliastrini, Ni Ketut Erna. 2019. Penguatan Literasi Baru (Data, Teknologi dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Prosiding Seminar Nasional. 1: 92-93.

Mustafa, Bacharudin. 2008. Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi. Yayasan Crest, Jakarta.

Nuraeni, Afiah. 2016. Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B Di Gugus 7 Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

OECD. 2018. Indonesia-Country-Note-Results from PISA 2015. www.oecd.org/pisa. Diakses pada 7 Maret 2021

Oktaria, Renti & Putra. 2020. Urgensi Pengenalan Perpustakaan Untuk Mendukung Praktik Literasi Dasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD. 2 : 73-74.

Prabawati, Istina. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koripan Poncosari Srandakan Bantul. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Pradipta, Galuh Amithya. 2013. Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini Pada Anak Usia PAUD di Surabaya. (Skripsi). Universitas Airlangga.

Pradipta, R. A. 2012. Peran Keluarga dan Sekolah Membentuk Literasi Dini dalam Mengembangkan Perilaku Gemar Membaca di Kalangan Anak Pra Sekolah di Surabaya. (Skripsi). Universitas Airlangga.

Ruhaena, L. 2011. Profil Minat Literasi Orang Tua dan Anak Pra Sekolah. (Skripsi). Universitas Gajah Mada.

Ruhaena, L. 2013. Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. (Disertasi) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Rini Y. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Simbol Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Huruf di Kelompok A PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. (Skripsi). Universitas Bengkulu.

Sari, N.I & Eka S. 2020. Meningkatkan Nilai Kesopanan dan Kesantunan Anak Dalam Berbahasa Di Era Kenormalan Baru. Jurnal Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel. 1: 209-210.

Shohibah, Rizqiyatus. 2017. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dasar. Jurnal The 1st International Conference on Languange, Literature and Teaching. 1: 528-529.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sufiati, Vivi & Made V.A.P. 2021. Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha: 12-14. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabet, Bandung.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Alfabet, Bandung.

Sukma, Elfia. 2019. Literasi Membaca Puisi Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1: 66-67.

Susanti, W.W., Rianto, S. & Afryansih, N. 2017. Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kenagarian Kambang Timur Kecamatan Lengayang. (Tesis). STKIP PGRI Sumatera Barat.

Susilowati. 2019. Peran Orang Tua Dalam Literasi Dini. Jurnal UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. 1: 3-4.

Sutarno, N.S. 2006. Manajemen Perpustakaan. CV Sagung Seto, Jakarta. Sutrisno, Hadi. 2006. Statistik Jilid 3. Andi, Yogyakarta

Stutzel, Megan. 2019. Impact of Parental Involvement on Literacy Skills in Early Childhood. Literature Review. Northwestern Collage, Lowa.

Swasono, dkk. 2020. Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. 2: 38-39.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa, Bandung.

The Literacy and Numeracy Secretariat. 2009. Capacity Building Series. Ontario: The Literacy and Numeracy Secretariat. http://edu.gov.on.caeng/ literacynumeracy/inspire/html. Diakses pada 7 Maret 2021.

Trelease, Jim. 2016. Read Aloud Handbook. Hikmah, Bandung.

Trisniwati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahib, Abdul. 2015. Konsep Orang Tua dalam Membangun Kepribadian Anak. Jurnal Paradigma. 1: 3-5.

Ruhaena, L. (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Pra Sekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. (Disertasi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yakub, H.M. 2005. Orang Tua Bijaksana Dan Generasi Penerus Yang Sukses. Jabal Rahmat. Medan.

Young, Caroline. 2018. Menghibur dan Mendidik Anak. Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.