MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

Ramli Jumadi, Riswanti Rini, Alben Ambarita

Abstract


The focus of the research emphasis on planning, organization and implementation of the industrial working practice and absorption graduates in the industry. The study used a qualitative approach to express and describe reality correctly, data collection techniques through observation, documentation and interviews. Research results are: 1) planning of industrial working practice in motorcycle engineering competence has been done well, 2) the organization of industrial working practice are developed with emphasis on the principles of school-based management, 3) the implementation of the industrial working practice based on a commitment between SMKN2 Bandar Lampung and the Industry, 4) the absorption of the graduates in industry described the success of link and match program conducted by the school.

Fokus dari penelitian penekanan pada perencanaan, organisasi dan pelaksanaan praktik kerja industri dan lulusan penyerapan dalam industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengekspresikan dan menggambarkan realitas dengan benar, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan praktek kerja industri di kompetensi teknik motor telah dilakukan dengan baik, 2) organisasi praktek kerja industri dikembangkan dengan penekanan pada prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah, 3) pelaksanaan praktek kerja industri berdasarkan komitmen antara SMKN2 Bandar Lampung dan Industri, 4) penyerapan lulusan di industri menggambarkan success links dan Program pertandingan yang dilakukan oleh sekolah.

Kata kunci: keterserapan, pelaksanaan, pengorganisasian, perencanaan


Full Text:

PDF

References


Anam, Saiful dan Hermin Susanti 2009. Menggenjot Mutu Kepala Sekolah Rintisan Sekolah Bertarap Internasional (on line) tersedia http://www.penapendidikan.com/?s=Menggenjot+Mutu+Kepala+Sekolah+RSBI&sa=+Go+. tanggal diakses 2 juni 2010

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Bogdan, Robert S., and S. Knopp Biklen. 1998. Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Methods. 3rd ed. Allyn and Bacon. Boston.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2001. Manajeman Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 1, 2, 3. Dikmenum Ditjen Dikdasmen. Jakarta.

Djam’an, Satori dan Aan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Handoko, Hani. 2003. Manajemen. Edisi 2, Cetakan ke 18. BPFES: Yogyakarta.

Mantja, Willen. 1998. Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Wineka Media: Malang.

Miles, Matthew B dan Hubberman, A. Michael, 1992. (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia, Jakarta

Patton, M. 1990. Qualitative Evaluation and Research Methods. Sage Publication: California.

Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Usman, Husaini. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.