PENGARUH MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU

Sutarjo Sutarjo, Sowiyah Sowiyah, Sulton Djasmi

Abstract


Target of this research is to description and analyze influence of ability of managerial headmaster, style of leadership, and motivate to have achievement to teacher performance. Type of this research is quantitative by using method of ex post facto and formula of Slovin. Data obtained by using equate, is later; and then analyzed with technique of regress is previously done/conducted by test normalitas, homogeneity, and linieritas. The following result is: 1) there are influence which are positive and significant of ability of managerial of headmaster to performance learn, 2) there are influence which are positive and significant style of participative leadership of headmaster to teacher performance, 3) there are influence which are positive and significant motivate to have achievement to teacher performance.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah, gaya kepemimpinan, dan memotivasi untuk berprestasi kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto dan rumus Slovin. Data diperoleh dengan menggunakan menyamakan nantinya, dan kemudian dianalisis dengan teknik regresi yang sebelumnya dilakukan / dilaksanakan uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Hasil berikut ini: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja belajar, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi untuk berprestasi kinerja guru.

Kata kunci: manajerial kepala sekolah, gaya kepemimpinan, motivasi dan kinerja guru sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Lia Yuliana. 2009. Manajemen Pendidikan. Aditya Media. Yogyakarta

Anwar,Idhochi dan Yayat,Hidayat,Amir.2002.Administrasi Pendidikan, Teori Konsep dan Isu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Reneka Cipta. Jakarta

A.Yukl, Gary.1996. Leadership in Organisations. State University of New York. Albany.(Alih Bahasa, Jusup Udaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Jakarta)

Damim, Sudarwan. 2007. Manajemen Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Kepla Sekolah TK,SD,SMP,SMA, SMK, dan SLB. Cipta Karya . Jakarta

Damardi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung

Fred,Luthands. 1995. Organizational Bihavior .Book Company. New York. Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta . Bandung

Hasibuan. 2001. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.