ANALISIS PROFIL SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Nurul Afifa, Sudjarwo Sudjarwo, Supomo Kandar

Abstract


The focuses of this study were on the aspects of the human resource management (teachers and students), the management of teaching and learning, the curriculum management, and the management aspects of the school committee involvement. Through qualitative approach (case study design), researcher collected data by interviewing, school documents and observing directly to the school. The collected data were analyzed in accordance with the management aspects of the focuses have been set to determine the causes. Furthermore, the data were compared for compliance with management theories in education. Integrated curriculum of the school can improve students' knowledge of religion, and active involvement of the school committee to assist the implementation of quality learning.

Satu fokus dari penelitian ini adalah pada aspek manajemen sumber daya manusia (guru dan siswa), pengelolaan pembelajaran, pengelolaan kurikulum, dan aspek manajemen keterlibatan komite sekolah. Melalui pendekatan kualitatif (rancangan studi kasus), peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, dokumen sekolah dan mengamati langsung ke sekolah. Data yang terkumpul dianalisis sesuai dengan aspek manajemen satu fokus telah ditetapkan untuk menentukan penyebab. Selain itu, data dibandingkan untuk mematuhi teori manajemen dalam pendidikan. Kurikulum Terpadu sekolah dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang agama, dan keterlibatan aktif dari komite sekolah untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

Kata kunci: manajemen sumber daya manusia, manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dimyati,M., 1997. Penelitian Kualitatif. Program Pascasarjana, IKIP Malang,Malang.

Fathiyah, Kartika Nur. 2007. Problem, dampak, dan solusi transformasi nilai-nilai Agama pada anak prasekolah, Dinamika Pendidikan No1/Th.XIV/hal 102-107.

Hoy, W.K dan Miskel, C.G., 2001. Educational Adminitration, Theory, Reserch, and Practice. McGraw-Hill.Singapore.

Miles, BM., dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif,

Penerjemah Rohadi, R.T., Universitas Idonesia, Jakarta.

Moleong , Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Edisi Revisi) Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nawawi, Hadari, H., 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia,

Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Riza. 2011. Sekolah Ideal Dalam Pendidikan, http://muhammadriza.blogspot.com 2010/03/sekolah-ideal-dalampendidikan.html.diaksesl 1-10-2011.

Sarjan, 2011. Permintaan Sekolah Islam Terpadu Meningkat, http://www.solopos. com/2011/09/16/meningkat-permintaan-sekolah-islamterpadu-di -soloraya-115737.diakses 2-10-2011.

Yin Robert, K 1997. Studi kasus (Desain dan Metode), Raja

GrafindoPersada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.