Hubungan Kualitas Pelayanan Administrasi Dengan Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang

samsilayurni samsilayurni, Hendra Suprianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  Kualitas Pelayanan Administrasi  dengan  Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2017 yang berjumlah 2000, yang menjadi sampel 200. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui  penyebaran kuesioner dan observasi. Analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian didapatkan maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kualitas layanan dengna kepuasan mahasiswa. Hal ini dilihat dari nilai pearson correlation sebesar 0,438 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai alpha. Sementara nilai rtabel = 0,1381 pada tingkat keyakinan 5% (α = 0,05). Hal ini berarti nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel, yang mengindikasikan bahwa terdapat hubungan besarnya hubungan tersebut yaitu 0,438 persen. Bahwa terdapat hubungan pelayanan administrasi dengan kepuasan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Administrasi, Kepuasan


Doi: http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202001


Full Text:

PDF

References


Ahmad Khusaini. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Spa Club Arena Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto,S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifah Alfiani. 2016. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yokyakarta.

Daryanto, M. 2010. Administrasi Pendidikan. Cet. 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Danang Sunyoto. 2013. Teori Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gaspersz Vincent. 2001. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Indah, Elza Putri. 2012. Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makasar.

Joko Triono, M. 2012. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Skripsi. IAIN Walisongo Semarang. (dipakai)

Kotler, Philip & Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. (Bob. sabran. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran – Principles of Marketing, edisi VII. Jakarta: Prehalindo.

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahendra. 2008. Kesuksesan Katalog Elektronik Perpustakaan Akademik: Pengaruh Ketakutan Komputer, Pemakaidan Kualitas Pelayanan Pustakawan Dengan Kualitas dan Kualitas Informasi Sebagai Variabel Kendali. Tesis S2. Program Studi Akuntansi Pasca Sarjana UGM.

Maisaroh, Siti. 2005. Pengaruh Manajemen Mutu Layanan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Universitas PGRI Yogyakarta. Laporan Penelitian. Universitas PGRI Yogyakarta.

Nasution, Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education; Manajemen Mutu Pendidikan, terj. Ahmad Ali Riyadi, et.al., IRCiSoD, Yogyakarta., Cet. IV.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukanti.(2009). Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol.Viii. Nomor 1).

Tjiptono, Fandy.2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. (dipakai)

Tjiptono, Fandy dan Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Edisi V. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya, Toni. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT INdeks.

Yazid. 2005. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Zulian Yamit. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Cet. 5. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.