PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI

Wildawati Wildawati, Supomo Kandar, Riswanti Rini

Abstract


The problem of the research is the effect of academic supervison and the principal leadership towards teacher working at all SMP NEGERI of Sungkai Utara district Lampung Utara. The purposes of the research are to describe and analyze the correlation: 1) academic supervison towards teacher working, 2) The principal leadership towards teacher working, 3) academic supervison and principal leadership towards teacher working. This research used ex-post facto method. The population of the research is 104 teachers which taken as sample by using Slovin, it is about 83 teacher which teach at all SMP Negeri of Sungkai Utara District Lampung Utara. The conclusions of the research are: 1) There is positive effect between academic supervisors towards teacher working significantly, 2) There is positive effect between principal leadership towards teacher working significantly, 3) there are positive effects between academic supervision and principal leadership towards teacher works.

Masalah penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja gurudi SMP Negeri  Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis korelasi: 1) akademik supervison terhadap kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap guru yang bekerja, 3) akademik supervison dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 104 guru diambil sebagai sampel dengan menggunakan Slovin, sekitar 83 guru yang mengajar di semua SMP Negeri dari Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif antara supervisor akademik terhadap guru yang bekerja secara signifikan, 2) Ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap guru yang bekerja secara signifikan, 3) terdapat pengaruh positif antara supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Kata kunci: supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Edisi ke-2 . Rineka Cipta. Jakarta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Harsono. 2006. Pengaruh Kemampuan Manajerial, Kemampuan Motivatorial dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Wonogiri. Wonogiri.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karateristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa. 2004. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif 10 dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Soebagia, A. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadirya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umiarso, Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan.IRCiSoD. Jogjakarta.

Usman, Husaini. 2005. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.