Analisis Faktor-Faktor yang Mempenngaruhi Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah berintegritas di Provinsi Lampung
Abstract
The purpose of this research was to investigate, test and analyze the impacts of organizational culture, followership style, and leadership skills on leadership style of principals with integrity in Lampung Province. This research was descriptive quantitative and used questionnaires to collect the data. The data collected were analysed using simple and multiple regression analysis. The number of population in this research was 192 teachers with a sample of 130 teachers using Slovin formula. The research results in general show positive and significant impacts of organizational culture, leadership skills on principal leadership styles both partially and simultaneously.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi, gaya kepengikutan guru dan keterampilan kepemimpinan terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah berintegritas di Provinsi Lampung.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Pengujian hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 guru dengan tekhnik pengambilan sampel mengunakan rumus Slovin serta diperoleh sampel 130. Hasil penelitian secara umum menunjukan pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi, gaya kepengikutan guru dan keterampilan kepemimpinan terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah baik secara parsial maupun simultan.
Kata kunci: budaya organisasi, gaya kepengikutan, keterampilan kepemimpinan, gaya kepemimpinan
Full Text:
PDFReferences
Baker, S. D. and Gerlowski, D. A. 2007. Team Effectiveness and Leader-Follower Agreement: An Empirical Study. The Journal of American Academy of Business.15-23.
BPS. Indeks Pembangunan Manusia menurut Provinsi, 2010-2017 (Metode Baru). 2018 https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1211. Diakses pada 06 Desember 2018.
Daft, R. L. 2005. The Leadership Experience. Mason, Ohio: Thomson/South-Western.
Emmanouil, K., Osia, A. dan Ioanna, L. P. 2014. The Impact of Leadership on Teachers’ Effectiveness. International Journal of Humanities and Social Science. 34-39.
Judge, T. A. and Piccolo, R. F. 2004. Transformational and Transactional Leadership: A Meta-Analytic Test of Their Relative Validity. Journal of Applied Psychology. 755–768.
Kemendikbud. Presiden Apresiasi 503 Kepala Sekolah dengan Indeks Integritas UN Tertinggi. 23 Desember 2015 http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/12/presiden-apresiasi-503-kepala-sekolah-dengan-indeks-integritas-un-tertinggi. Diakses pada 22 Mei 2016.
Maulizar, M. Y. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Terhadap Kinerja Guru (Karyawan) di Kota Madiun. Premiere Educandum. 119-132.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.
Rahman, B. 2014. Good governance di Sekolah: Teori dan Praktik Menggairahkan Partisipasi Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Robbins, S.P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Robbins, S. P. dan Judge, T. 2008. Organizational Behaviour. Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi Ke Sepuluh), Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Salemba Empat.
Roen, F. Teori Kepemimpinan Situasional. 23 Maret 2013 file:///E:/Followers/ggg/Teori%20Kepemimpinan%20Situasional%20_%20Teori%20dan%20Perilaku%20Organisasi.htm. Diakses pada 28 April 2016.
Sharma, S. K. dan Sharma, A. 2010. Examining the Relationship between Organisational Culture and Leadership Styles. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology. 97-105.
Siagian, S. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Bina Aksara.
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Teisis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Than, D. V dan Anh, N. Y. 2015. Factors Affecting Effective Leadership - An Empirical Study in Vietnam Logistics Enterprises. Proceedings of the Second Asia-Pacific Conference on Global Business, Economics, Finance and Social Sciences (AP15Vietnam Conference) I (hal. 1-15). Vietnam: Dai Nam University.
Wahjono, S. I. 2015. Prilaku Organisasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardah, F. UNDP: Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Alami Kemajuan. 21 Desember 2015. http://www.voaindonesia.com/a/undp-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-alami-kemajuan/3110936.html. Diakses pada 08 September 2016.
Watson, D., Clark, L. A. dan Tellegen, A. 1988. Development and Validation of Brief Measures of Positive and Negative Affect: The PANAS Scales. Journal of Personality & Social Psychology. 1063-1070.
Yulk, G. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.
Zainal, dkk., 2014. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.