Motivasi Berprestasi Guru SD Negeri Kecamatan Teluk Betung Selatan

Rahma Yunita, Alben Ambarita, Dedy Hermanto Karwan

Abstract


This study aimed to describe and analyze the influence of school leadership, organizational culture and self-efficacy of teachers on teacher achievement motivation of SD Negeri Kecamatan TelukBetung Selatan. This research used quantitative descriptive approach. The number of the population was 176 teachers, with a sample were  53 teachers.  The analysis used was descriptive and inferential. The result showed that there was positive and significant influences of principal leadership on teacher achievement motivation, there was positive and significant teacher organizational culture on teacher achievement motivation, there was positive and significant self-efficacy on teacher achievement motivation, and there were positive and significant influences of principal leadership, organizational  culture, self-efficacy, jointly on teacher achievement motivation.

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya  organisasi  dan  efikasi diri guru terhadap motivasi  berprestasi guru  SD Negeri Kecamatan  Teluk Betung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.  Populasi sebanyak 176 orang, sampel ditentukan dengan proportional sebanyak 53 orang. Teknik analisis  menggunakanstatistic deskriptif  inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah secara langsung terhadap motivasi berprestasi guru, terdapat  pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi, terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi,  dan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi  dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi.

Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, efikasi   diri, dan motivasi berprestasi


Full Text:

PDF

References


Bandura. 2008. Self Efficacy Mechanism in Human Agency. American Psychologist. 37,122-147

Coon dan Miterrer. 2010. Teori Motivasi Instrinsik Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka

Danim dan Suparno.2005. Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit. Penerbit BukuEDC Jakarta

Danim, S. 2005. Menjadi Komunitas Pembelajar Transforamasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

F Pajares. 2002.Social Cognitive Theory and Self Efficacy Implications for Motivation Theory” Pengaruh Kognitif sosial dan efikasi diri terhadap motivasi. Journal of Educational 65. 75-80

Farihah Salwa. 2011. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Guru Pada Siswa SMA Muhamadiyah 6 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan

Farida Hainun. 2013. Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Kepala Madrasah. Bekasi. Jurnal FKIP UPI

Hasibuan M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ikfina Maufuriya. 2015.Motivasi Berprestasi Guru Ditinjau Dari Efikasi-Diri Guru, Komitmen Terhadap Profesi. Jurnal FKIP UNS

Jess Feist & Feist. 2010. Role Of Self Efficacy and Modelling Attribitional Effects on Development Teachers, Self Efficacy, Journal Educational 2010

Martaniah. 2005. Motivasi Untuk Berprestasi Quantum Teaching. Jakarta: Amara Books

Monk dan Haditono. 2002.Guru Profesonal dan Implementasi Kurikulum Quantum Teaching. Jakarta: Amara Books

Marno. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Grafindo Persada 2003

Mulyasa. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Rineka Cipta Bandung

Maryati. 2008 . Persepsi Mengenai Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Ekstra Effort. Semarang: BPE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.