Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Disiplin Kerja Dan Konsep Diri Terhadap Kompetensi Profesional Guru

Rusneli Rusneli, Sumadi Sumadi, Dedy Hermanto Karwan

Abstract


The purpose of this research is to know and analyze the influence of headmaster's leadership, work discipline and self-concept to the teacher’s professional competency of elementary school.either partially or simultaneously. Research is included in quantitative descriptive research. The population in this study amounted to 103 teachers who were divided into 10 elementary schools.The sample used in this study was all teachers of state elementary school located in district Baradatu Kabupaten Way Kanan which amounted to 82 teachers. The data were collected by questionnaire. The analysis used is descriptive and inferential statistic.The result of the research shows that there is influence of headmaster's leadership toward teacher professional competence, there is influence of work discipline to professional competence there is influence of self concept to professional competence and there is influence of headmaster leadership, work discipline, and self concept to teacher’s professional of competency of elementary school 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalsis  pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, disiplin kerja dan konsep diri terhadap kompetensi Profesional Guru SD Negeri. Baik secara parsial maupun secara simultan.  Penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif.  Populasi pada penelitian ini berjumlah 103 guru yang terbagi ke dalam 10 Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh guru SD Negeri yang berada  di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 82 guru.  Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan inferensial Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh  kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru , terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kompetensi profesional  terdapat pengaruh konsep diri terhadap kompetensi profesional   dan terdapat pengaruh  kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, dan konsep diri terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Dasar

Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah , disiplin kerja, konsep diri, kompetensi profesional guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi. Ke 3. Jakarta: Rineke Cipta.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalan Prestasi Guru. Jakarta. Rajawawali Press

Satori, Djam’an, dkk., 2008, Profesi Keguruan, Universitas Terbuka, Jakarta.

Somayeh, Ghorbani et all 2013. Investigating the Effect of Positive Discipline on the Learning Process and its Achieving Strategies with Focusing on the Students' Abilities . International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences , Vol. 3, No. 5 ISSN: 2222-6990. Diakses dari www.hrmars.com/admin/pics/1894.pdf tanggal 22/05/2018

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1, Bandung: Alfabeta.

______2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

______2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.