Kinerja Guru Sekolah Dasar Bersertifikasi di Gugus I Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan

Nazar Kurniansyah N.K, Sowiyah Sowiyah, Riswanti Rini

Abstract


This study aimed to describe and analyze the Performance of Certified Primary School Teachers. The focus of this research is the performance of certified primary school teachers’. Research Sub-focused in the form of Performance of certified primary school teachers’. This is research uses qualitative research.  Collecting data use interview, observation and data analysis.  Based on the study, it concluded that : (1)  the  policy teacher certification can motivating teachers. (2)  the  policy teacher certification that effectiveness of activities in an effort to improve the teachers’ performance.

Penelitian ini  bertujuan untuk  menganalisis   dan mendeskripsikan  kinerja guru sekolah dasar bersertifikasi di Gugus I  Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Fokus Penelitian ini  adalah kinerja guru Sekolah Dasar bersertifikasi.  Sub Fokus Penelitian Berupa Gambaran Kinerja guru SD bersertifikasi  dan upaya Sekolah  dalam meningkatkan kinerja guru SD bersertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan data analysis. Hasil penelitian  menunjukan : (1) Kebijakan sertifikasi  dapat memotivasi kerja guru (2) tunjangan sertifikasi efektif  untuk meningkatkan kinerja guru.

Kata kunci :  kinerja guru, sertifikasi


Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji. 1998. Psikologi Kerja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharmini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rhineka Cipta.

Atmodiwiro, Soebagio, 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya cet. Ke-1

Azra, Azyumardi, Inovasi Kurikulum, Edisi 01/Tahun 2003, Strategi Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Dalam Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi Pendidikan.

Burhanuddin, Yusak, 1998. Administrasi Pendidikan, Bandung: cv. Pustaka Setia, cet, Ke-1

Elliott, K. 2015. Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development?. Australian Journal of Teacher Education,40(9). http // x doi. Rg 10 14221/ajte.2015v40n9.6

Hasibuan, H. Malayu S.P . 2005. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Aksara, edisi revisi, cet. ke-4

Hamalik, Oemar, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Aksara.

https://www.pressreader.com/indonesia/kompas)/ /Kualitas Guru Terus Diperbaiki Nilai Uji Kompetensi Sebagian Besar Guru Kurang dari 60. Diakses Tanggal 15 Spetember 2017.

Irianto, Agus. 2006. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Predana Media.

Kunandar. 2007. Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Dan Sukses Dalam Serlltlilflkasi Guru Jakarta: Raja Grafindo persada

_________, 2007. Guru Profelsional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koonzt, Harold, et.al., 1980. Management, 7th Edition, Kogakusha Ltd Mac Graw Hill.

Mangkunegara,Anwar. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mantja. 2002. Metode Penelitian Survei. Jakarta. PT Pustaka LP3ES

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.lll

Morgan, G. B., Hodge, K. J., Trepinksi, T. M., & Anderson, L. W. 2014. The stability of teacher performance and effectiveness: Implications for policies concerning teacher evaluation. Education Policy Analysis Archives, 22(95). http://dx.doi.org/ 0.14507 epaa.v22n95.2014

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Persada

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Peraturan Pemerintah RI No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Keagmaan, Jakarta: Sinar Grafika

Peraturan Mendiknas RI No. 10 Tahun 2009 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan , Jakarta: Sinarl Grafika, 2010.

Roestiyah 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika

Undang-Undang Republik Indonesia, No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.