Pengaruh Budaya Kerja, Sarana Dan Prasarana Pengalaman Kerja Terhadap Kompetensi Profesional Guru

Lusia Tresnani, Sumadi Sumadi, Dedy Hermanto Karwan

Abstract


The aims of this research were to investigate, test and analyze the impact of Work Culture, Availability of Facilities and Infrastructure Education, and Work Experience on Professional Teacher Competence of SMK Negeri District Way Kanan. This research was descriptive quantitative based on data analyses of questionnaires, with a sample of 100 of 121 teachers population. Hypothesis testing used analysis of simple regression and multiple  regression. In general, the research results show that there are positive and significant impacts of Work Culture, Availability of Facilities and Infrastructure Education, and Work Experience on Professional Teacher Competence partially and simultaneously

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh budaya kerja, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, dan pengalaman kerja terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri se-kabupaten Way Kanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 121 guru dengan tekhnik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling serta diperoleh sampel sebanyak 100 guru. Hasil penelitian secara umum menunjukan pengaruh positif dan signifikan pengaruh budaya kerja, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, dan pengalaman kerja terhadap kompetensi profesional guru SMK  Negeri se-kabupaten Way Kanan baik secara parsial maupun simultan.

Kata kunci: budaya kerja, sarana dan prasarana, pengalaman kerja, kompetensi profesional


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, R. I. 2003. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Herkovits, J. 1997. Cadmium embryotoxicity: evidence of a direct effect of cadmium on early rat embryos. Bulletin of environmental contamination and toxicology, 59(4), 520-524.

Robbins, Stepen, 2007.Perilaku Organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey Prentice Hall, Inc.

Soetjipto dan Kosasi, Raflis. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Sudjana, N. 2005. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Umar, Husein. 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah, Edisi I, Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.