HUBUNGAN PERSEPSI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

Sulistiyati Sulistiyati, Sowiyah Sowiyah, Riswanti Rini

Abstract


The purpose of this research is to analyze and know the relations between: (1) leadership of principal with pedagogic competency of teacher, (2) school climate with pedagogic competency of teacher, (3) leadership of headmaster and school climate simultaneously with pedagogic competency of teacher on elementary. The kind of this research is quantitative by using method of expost facto. Data are obtained from questionnaire and documentation, and then analyzed by used correlation technique and regression both simple and double. Hypothesis test is done by Product Moment correlation, which have been done before with analyze precondition test. The results of this research are, (1) the teacher should be able to increase his/her pedagogic competency and are not satisfied with the performance that has been achieved, so it can cause optimal school climate, (2) The principals should give more attention in case of Teachers performance so it can increase school climate.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan antara: (1) kepemimpinan kepala dengan kompetensi pedagogik guru, (2) iklim sekolah dengan kompetensi pedagogik guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah bersamaan dengan kompetensi pedagogik guru di SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode expost facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi yang digunakan sederhana dan ganda. Uji hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment, yang telah dilakukan sebelumnya dengan analisis uji prasyarat. Hasil penelitian ini adalah, (1) guru harus mampu meningkatkan / kompetensi pedagogik nya dan tidak puas dengan kinerja yang telah dicapai, sehingga dapat menyebabkan iklim sekolah yang optimal, (2) Kepala sekolah harus memberikan lebih perhatian dalam hal kinerja guru sehingga dapat meningkatkan iklim sekolah.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, kompetensi paedagogik guru

Full Text:

PDF

References


Baedhowi. 2006. Tantangan Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik pada Era Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 059, Maret 2006.

Danim, Sudarwan, 2004. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hasibuan, H. Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karateristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2008. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung : Genenindo.

Thoha, Miftah. 2004. Kepemimpinan Dalam Manajemen. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005.

Wahjosumidjo, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjaua Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.