Manajemen Pelayanan Perpustakaan Di SMP Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur

Suwarji Suwarji, Sowiyah Sowiyah, Alben Ambarita

Abstract


This study aimed to describe the Library Management include: Planning, Procurement, Organizing, Supervision, Services, and Customer satisfaction. The study used a qualitative approach through direct observation in a reasonable situation (Natural setting). The study focuses on the library case SMP Negeri 1 Sekampung Udik. Data collection techniques used interview, observation and documentation. Data analysis technique used is miles and huberman model The results showed: Planning work program Library omplied with the procedures, terms and legal certainty. Procurement of infrastructure and the need for fiscal in accordance with the work program set out in the Decree of the Head of School. Organizing meet the National Standard Junior High School Library but there are still shortcomings. Servants customized supervision standards. Library services meet the National Standard Junior High School library. Customer Satisfaction assumptions are met with National Standard Junior High School library

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan manajemen Perpustakaan meliputi perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pelayanan, Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan langsung dalam situasi yang wajar. Penelitian memfokuskan kasus yang terjadi di Perpustakaan SMP Negeri 1 Sekampung Udik. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan: Perencanaan (program kerja) Perpustakaan memenuhi prosedur, syarat dan kepastian hukum. Pengadaan sarana prasarana dan kebutuhan sesuai dengan program kerja yang ditetapkan dalam Keputusan Kepala Saekolah. Pengorganisasian memenuhi standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama tetapi masih terdapat kekurangan. Pengawasan disesuaikan standar Pegawai Negeri. Pelayanan perpustakaan memenuhi Standar Nasional Perpustakaan sekolah Menengah Pertama dan Kepuasan Pelanggan terpenuhi.

Kata kunci: perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, pengawasan, pelayanan


Full Text:

PDF

References


Boone, Louis E dan Kurtz, Davit L. 2000. Pengantar Bisnis. Erlangga. Jakarta

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Lincoln, Y. S dan Guba EG. 1985. Naturalistik Inquiri, Sage Publication. USA: Beverly Hill.

Manulang, M. 1990. Dasar-dasar Manajemen. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tentang Standar Sarana dan Prasarana SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. 2007. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sulistyo, Basuki. 1997. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Univervitas Terbuka.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Sagung Seto. Jakarta.

Sutoyo, Agus. 2001. Strategi dan Pemikiran Perpustakaan: Visi Hernandono. Sagung Seto. Jakarta.

Stueart, Robert D. dan Moran, Barbara. 1987. Library Management. 3rd ed. Litteleton. Libraries Unlimitied. California.

Swastha, Basu. 1984. Asas-asas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.

Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Pawit M dan Yahya, Suhendar. 2010.

Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/MA. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.