Implementasi Manajemen Pendidik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung
Abstract
This research is conducted to explain teacher management in SMK Gajah Mada Bandar Lampung focused on: Recruitment and placement of teacher; Salary of teacher; Development of teacher; Discharge of teacher. This research uses descriptive qualitative approach. The source of research is gotten from informant through interview toward head of Gajah Mada foundation, the principle, the vice principle, and teacher. The researcher is using data collecting technique such as; observation, documentation, and interview. The next, the researcher analyzes the data and facts using triangulation data through the process of reduction of data, display of data, and verification since before and after collecting the data. The result of research show the implementation of teacher management in SMK Gajah Mada doing good process of teacher managements. This school is applying and evaluating implementation of teacher management.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung.terkait: Proses perekrutan dan penempatan pendidik;Pemberian kompensasi terhadap pendidik;Pembinaan dan pengembangan pendidik; Pelepasan/pemberhentian pendidik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian diperoleh dari informan yaitu wawancara.Pengumpulan data menerapkan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data serta fakta yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode triangulasi data melaui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi yang dilakukan selama dan setelah pengumpula data. Hasil penelitianSMK Gajah Mada dalam melaksanakan proses manajemen pendidik secara umum cukup baik terhadap para pendidik. Sekolah menerapkan implementasi manajemen pendidik dan mengevaluasinya.Namun perlu adanya peningkatan terkait prosedur perekrutan, serta penempatan pendidik.
Kata Kunci: implementasi, manajemen, pendidik.
Full Text:
PDFReferences
Abd. Ala. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana, (2006).Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan FIP UNY.
Dimyati, M. 2000. Penelitian Kualitatif.Paradigma, , dan Terapan.Cetakan Ke-2. Universitas Negeri Epistimologi, Pendekatan, Metode Malang: CV.Syams.
Fatah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fauzan A., Ghony Djunaidi,2012. Metodologi Penelitian kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT.Grasindo.
Ibrahim, Bafadal. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Lexy J. Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, B.M & Huberman, M.A. 1992.Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohadi, R.T. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2011.Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta
Sukirman, Hartati. 2000. Manajemen Tenaga Pendidik. Yogyakarta: Jurusan AP FIP UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.