Manajemen Peserta Didik di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung

Hendra Adha Zakakalana, Supomo Kandar, Irawan Suntoro

Abstract


This study aims to describe planning, organizing, coaching, evaluation, as well as supporting factors and constraints in the management of students in SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung. This research used qualitative design with phenomenology approach. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Data analysis used interactive models Miles and Huberman. The results of the study showed that: (1) Planning of student by holding meetings at the beginning of the year by discussing the allocation of students' acceptance in each faction, (2) organizing student done by grouping classes, majors, and giftedness (3) coaching students By developing discipline, academic, non academic development, (4) Student's evaluation which is academic evaluation and talent interest evaluation, (5) supporting factor is learning sport talent, facilities and infrastructure, quality of human resources. While the constraints factor of the student' activities is the difficulty in recruiting student.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan kendala dalam manajemen peserta didik di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan peserta didik dengan mengadakan rapat di awal tahun dengan membahas alokasi penerimaan peserta didik di setiap kecabangan, (2) pengorganisasian peserta didik dilakukan dengan cara pengelompokan kelas, jurusan, dan keberbakatan (3) pembinaan peserta didik dilakukan dengan membina kedisiplinan, akademik, pembinaan non akademik, (4) Evaluasi peserta didik yang dilakukan yaitu evaluasi akademik dan evaluasi bakat minat, (5) faktor pendukungnya adalah pembelajaran keberbakatan olahraga, sarana dan prasarana, kualitas SDM. Sedangkan faktor kendala kegiatan peserta didik adalah kesulitan dalam perekrutan peserta didik.

Kata kunci : manajemen peserta didik, perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Blandford, S. (1998). Managing Disipline in Schools. London and New York: Routledge.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (1987). Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Bagi Kepala Sekolah (Manajemen Kesiswaan). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Harsanto. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Imron, A. (2011). Manajemen Siswa Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak Zaman Global. Jakarta: PT. Raja Grasido.

Moleong, L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Bandung.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara.

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah & Kurikulum Berbasis Kompetensi. . Malanh: FIP UM.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alf beta.

Sutisno, O. (1993). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktik Profesional. Bandung: Angkasa.

Yeager.W.A. (1994). Administration and a Pupil. New York: Harper & Brothers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.