MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMP ISLAM TERPADU AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG

Ashepi Zulham, Alben Ambarita, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The research was aims to analyze and describe the teacher professionalism development management comprised of; planning, controlling, actuating and controlling. The focus of this research are planning, organizing, actuating, and controlling of teacher professionalism development. Qualitativemethod with a case study design has been used in the research, adopting data collecting technique through observation, documentation and interviews. Source of the data used are The Head of Foundation, Principal, vice Principals and teachers. Triangulation was used to analyze the data. The result of the resource are: 1) Planningwas conducted as the reference in determining the programs in the future. 2) Organizingwasgood enough just Its not so optimal because Its need optimize in subject teacher discussion internal or external 3) Actuatingalready run well only still needs to be improved because the training that implemented is still per clump lesson. assessment system and applying teaching using media is given more of the meeting. 4) Controlling is conducted as the programs evaluation were.

Penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pengembangan profesionalisme guru di SMP Islam terpadu Ar Raihan Bandar Lampung.Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah Ketua Yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua dan komite. Analisis data yang digunakan dengan tringulasi, Hasil penelitian adalah: 1)perencanaan melihat dari analisis program yang telah dilakukan sebagai acuan dalam menentukan perencanaan program dimasa yang akan datang 2)pengorganisasian masih perlu dimaksimalkannya MGMP baik internal maupun eksternal 3) pelaksanaan berjalan dengan baik, perlu peningkatan dalam hal pelatihan yang selama ini pelaksanaanya baru bersifat perumpun pelajaran 4) pengawasan profesionalisme guru dilakukan sebagai evaluasi program yang telah dilakukan.

Kata kunci: manajemen pengembangan, profesionalisme guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Reneka Cipta

Engkoswa. 1987. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Proyek PLPTK Dirjen Dikti depdikdas

Format penulisan karya Ilmiah Universitas Lampung,2009,Universitas Lampung

Guba, E.G & Lincoln Y.S, 1981. Effective Evaluation. Improving the Usefulness of Evaluation Result ThroughRespossive and Naturalistic Approaches. Jassey-Bass Inc. Publisher

Husaini Usman.2011. Manajemen, Teori,Prakti dan Riset Pendidikan.Bumi Aksara. Jakarta

Imron, Ali 1995. Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, h-9

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Robins, S.P. 2001 Organizational behavior Conceps Controversies and applications. London: Practice-Hall International, inc

Sagala,Syaiful ,2009,Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta

Sagala,Syaiful, 2000,Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta,

Saudagar, Fachruddin&Idrus,Ali, 2009. PengembanganProfesionalitas Guru, FKIP Universitas Jambi, Jakarta

Sutikno,M.Sobry,2012, Manajemen Pendidikan, Holistica. Lombok

Syafrudin Nurdin,2002, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum(Ciputat: Pers,

Tilaar,H.A.R,2002,Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta, Rineka Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru danDosen, Bandung: Fokus Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.