IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU

Donot .S, Sowiyah sowiyah, Alben Ambarita

Abstract


This research aims to analyze and describe the implementation of teacher performance appraisal management in Junior high school, consist of: 1) planning, 2) organization, 3) actuating, 4) controlling/ monitoring, 5 ) the role of assessors, 6) the obstacles / obstructions in the appraise teacher performance, 7) support of stakeholders. This research used a qualitative descriptive approach, with the design of phenomenology. The collecting data then compiled, interpreted, analyzed, reduced, and described. The results showed that: The implementation of Teacher Performance Appraisal, which was obtained through: Optimization implementation of management functions, supported Total Quality Education, Integrated Quality Management of Education, and was designed by Technical Directive of Teacher Performance Appraisal, can improve the quality of teacher performance appraisal implementation. All of those can be described: 1) The mapping of the quality and teachers competence, 2) Teachers carry out their duties in accordance duties and functions, 3) Increasing the service quality of teachers in the learning process (professional teacher).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang implementasi manajemen penilaian kinerja guru di SMP, terdiri: 1) perencanaan 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan , 4) pengawasan, 5) peran penilai (asesor), 6) kendala/hambatan, 7) dukungan stakeholders. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan rancangan fenomenologi. Data yang diperoleh untuk disusun, dimaknai, dianalisis, direduksi, dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Manajemen Penilaian Kinerja Guru, yang diperoleh melalui: optimalisasi fungsi manajemen pendidikan, yang didasari Total Quality Education, dan dirancang berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru, memberikan gambaran positif terhadap kualitas implementasi manajemen penilaian kinerja guru. Hal ini dapat tergambar: 1) Terpetanya kualitas dan komptensi guru, 2) Guru melaksanakan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsi, 3) Meningkatnya kualitas layanan guru dalam proses pembelajaran (guru professional).

Kata kunci: implementasi, penilaian, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.

R.Semiawan, Conny 2006. Memanfaatkan Peran LPTK Dalam Peningkatan Komptensi Guru. Grafika. Bandung

Emzir, 2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dra.Sukanti,M.Pd. akses 25-9-2014

http://panduanguru.com/pentingnya-penilaian-kinerja-guru-pkg/Pemerhati Guru | November 4, 2013

Ghony dan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar Ruzz Media.Jogyakarta.

Masyhuri, dan. Zainuddin, 2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif.PT Refika Aditama. Malang.

Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Permendiknas No 23 Tahun 2006. 2006. tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor. 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru danAngka Kreditnya.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 3/V/PB//2010 dan Nomor 14 Tahun

tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik

dan Kompetensi Guru.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2010. Manajemen Perencanaan Peningkatan Mutu Sekolah. Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sallis. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Penerbit IRCiSod. Yoyakarta.

Sunyoto dan Wahyudi. 2011. Manajemen Operasional (Teori, Soal-Jawab, & Soal Mandiri). CAPS.Jogyakarta.

Undang-undang No 20 tahun 2003. 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yukl. 2005.Kepemimpinan Dalam Organisasi. Penerbit PT Indeks.Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.