PENGARUH KEPALA SEKOLAH BUDAYA KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH

Nurhafifah Nurhafifah, Sulton Djasmi, Alben Ambarita

Abstract


The purpose of this study was to determine and analyze the significant influence of school leadership, school culture and teacher performance on the effectiveness school of SMA Negeri District Pringsewu. This research is quantitative descriptive, population in this study is the number of teachers in SMA Negeri in District Pringsewu consisting of 9 State schools, This research is quantitative approach, by taking a sample of 89 teachers. Analysis of data using path analysis (path analysis). The results of this study indicate that principle leadership have a significant effect on the effectiveness school, school culture significantly influence the effectiveness school, and teacher performance significantly influence the effectiveness school. School leadership, school culture and teacher performance together have a significant effect on the effectiveness school.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di SMA Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitan ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan mengambil sampel 98 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisi data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sekolah, budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sekolah. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sekolah.

Kata kunci: budaya sekolah, efektivitas sekolah, kepemimpinan, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Depdiknas.(2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/ Madrasah. Jakarta:Depdiknas

Hairuddin Mohd Ali, Salisu Abba Yangaiya, 2015. Journal: Investigating the Influence of Distributed Leadership on School Effectiveness: A Mediating Role of Teachers Commitment. Katsina State.Nigeria

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara: Bandung

Mangkunegara, Anwar, Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Rafika Aditama

Mulyasa, Enco. 2010. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

____________2014. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Pidarta. 2000. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Retnaning. 2005. Peningkatan Efektivitas Sekolah. Tesis. Universitas Muhammadiyah: Suryakarta

Semiha ?ahin. 2011. Journal The Relationship between Instructional Leadership Style and School Culture (?zmir Case).DokuzEyll University

Supardi. 2010. Kinerja Guru. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Taylor, B.O.,1990, Case Studies in Effective Schools Research. Kendal/Hunt Publishing Company

Usman, M U. 2002.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya

Widyoko, P.E.S. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Zamroni. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Piranti Reformasi Sistem Pendidikan. www.diknas.go.id, diakses tanggal 03 januari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.