PENGARUH KEPEMIMPINAN KINERJA BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER TULANG BAWANG

Dyah Novita Anggraini, Irawan Suntoro, Riswanti Rini

Abstract


The problem of reseach were:the influence ofthe influence of principal leadership, teachers performance, organizational culture to character education at madrasah tsanawiyah tulang bawang district either partially or simultaneosly. This research was a quantitative approach, by taking a sample of 70 physical education. Data were collected by questionnaire. Analysis of data was using apth analysis. The result showed that was between principal leadership to character education, teacher performance to character education, organizational school culture to character education school cultureorganization and there were possitive and significant influence among principal leadership, teacher performance, and school cultureorganization all together to character education.

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala, kinerja guru, dan budaya organisasi sekolah terhadap pendidikan karakter Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Tulang Bawang baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan mengambil sampel 60 guru. Pengumpulan data dilakukan secara kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalut (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap pendidikan karakter, kinerja guru terhadap pendidikan karakter, budaya organisasi sekolah terhadap pendidikan karekter dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap pendidikan karakter.

Kata kunci: Budaya Organisasi , Kepemimpinan , Kinerja, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Dinas Pendidikan, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dinas Pendidikan Republik Indonesia.

Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk mencapai puncak prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977, Karya Ki Hadjar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan, Yogyakarta

Mulyasa. 2010. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda Karya

Prasetyo, A., dan Rivasintha, E. 2010. Konsep, Urgensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Online). (http://edukasi.kompasiana.com, diakses 21 juni 2016).

Robbins, Stephen P., (2003). PerilakuOrganisasi (Edisi 9 dalam Bahasa Indonesia). Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P., (2006). PerilakuOrganisasi (Edisi 10 dalam Bahasa Indonesia). Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Saleh, Abas (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Baik di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sinabela. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2014. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sweeney,P.D., &Mc Farlin,D.B. (2002). Organizational Behavior: Solution for Management. New York: Mc Graw Hill.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.