Manajemen Pendidikan Karakter Santri

Muklasin Muklasin

Abstract


This study aims to analyze and describe the management functions of character education of students in boarding school Bahrul Ulum Margodadi District of Sumberejo Tanggamus. This study used a qualitative approach (ethnography). Analysis of data used to model of Spradleys (1980) namely: domain, taxonomy, components of meaning, and cultural themes.The results showed that the student character education planning done by kiai, religious teachers, and administrators related to the determination of the needs, the reasons of the program, subject and object, time, place, and way of realization of the program. Organizing character education of students includes workforce management, facilities and infrastructure, as well as the management of tasks and responsibilities of the actors. Coordinating character education of students is done by consultation with relevant actors. Implementation of character education of students was performed using kasbi, tazkiyyah, models, motivation, rules, and habituation. Evaluation of character education of students used assessment report, haliyah, as well as evaluating by community including alumni of the pesantre

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan fungsi manajemen pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Margodadi Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Analisis data menggunakan model Spradley (1980) yaitu; domain, taksonomi, komponen makna dan tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter santri dilakukan oleh kiai, ustad, dan pengurus terkait penentuan kebutuhan, alasan program, subjek dan objek, waktu, tempat, dan cara realisasi program. Pengorganisasian pendidikan karakter santri mencakup pengelolaan ketenagaan, sarana dan prasarana, serta pengelolaan tugas dan tanggung jawab aktor. Pengkoordinasian pendidikan karakter santri dilakukan dengan cara musyawarah bersama aktor terkait. Pelaksanaan pendidikan karakter santri dilakukan dengan menggunakan metode kasbi, tazkiyyah, teladan, motivasi, peraturan, dan pembiasaan. Penilaian pendidikan karakter santri menggunakan penilaian raport, haliyah, serta penilaian masyarakat termasuk alumni Pondok Pesantren.

Kata kunci: fungsi manajemen, pendidikan karakter, Pondok Pesantren.


Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Universitas Lampung.Tilaar, H.A.R. 2009. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Dauly, Haidar, P. 2001. Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, Abdullah. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal. Pendidikan Vokasi, Vol 3, No. 2, Juni. UNY.

Handoko, Hani, T. 1998. Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Harun, Zahri, C. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal. Universitas Syiah Kuala. Tahun III. Nomor 3. Oktober.

Kesuma, Dharma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung Remaja Rosdakarya.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bandung: BPMIGAS dan Energi.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong. J. Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitaif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

Nata, Abudin. 2008. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, Hujair. 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung, Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sutopo, HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Syukur, Fatah. 2011. Manajemen Pendidikan. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Umiarso dan Zazin, Nur. 2011. Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: Rasail Media Group.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ziemek, Manfred. 1986 Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.