PERAN KEPALA SEKOLAH PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI 1 WAY KANDIS
Abstract
The increased of roles of the principal as an educator, manager, supervisor, leader and creator of the work climate so that there is an increase in teachers' pedagogical competence. This research used a qualitative approach. This type of research is descriptive to provide a real situation. The data sources of this research are principal as the key informant and teachers as proponent informant. The techniques of collecting data are observation, interviews, and documentation. The results showed that (1) the role of principal is good enough (2) pedagogical competence of teachers still must be improved (3) the roles of school leadership in improving the pedagogical competence of teachers are very influential.
Peningkatan peran kepala sekolah sebagai pendidik, manager, supervisor, pemimpin, dan pencipta iklim kerja sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian menggunakan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas. Sumber data yang digunakan adalah Kepala Sekolah sebagai informan kunci dan guru sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran kepala sekolah sudah cukup baik (2) kompetensi pedagogik guru masih harus selalu ditingkatkan (3) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh.
Kata kunci: Kompetensi pedagogik guru, peran kepemimpinan, pendekatan
Full Text:
PDFReferences
Adair, John. 2008. Kepemimpinan yang Memotivasi. Jakarta: Gramedia Pustaka
Anwar, Tantrina. 2010. Serba-serbi Profesi, Jakarta: Penerbit Argomedia
Gibson. 2008. Organisasi: Prilaku Struktur, Proses, Edisi kelima, Jilid I (Alih Bahsa Djakarsih). Jakarta: Erlangga
Gunawan, Heri, , 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta
Kartono. 2011. Kamus Pendidikan Guru. Bandung: Pionir Jaya
Koswara, deni D. dan Halimah. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Jakarta: Niaga Swadaya
Moeloeng, Lexi. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Mulyasa, Endang. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution. 2006. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kepemimpinan, Memberdayakan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah, Bandung: alfabeta
Salis, Edward. 2006. Total Quality Management In Education (Alih Bahasa, Ahmad Ali Riyadi). Yogyakarta: Ircisod
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi guru. Jakarta: Yrama Idya
Sarros dan Butchatsky. 2007. Improving Organizational efectiveness.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Sugiono. 2010. Metododlogi Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabetha
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Usman, Samatowa. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.