PENGARUH SERTIFIKASI IKLIM KERJA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD LAMPUNG SELATAN

Yulistian Arismunandar, Sudjarwo Sudjarwo, Riswanti Rini

Abstract


The purpose of this study was to determine, and analyze the influence of certification, work climate, and work motivation on the performance of teachers either partially or simultaneously. This research was a quantitative approach using associative type, by taking a sample of 46 teachers. Data were collected using questionnaire. Data were analysed using path analysis, and hypothesis testing. The results indicated that certification has direct influence on the performance of teachers. Work climate directly affects the performance of teachers. Work motivation directly influences the performance of teachers. Certification, work climate, and work motivation simultaneously have significant impact on the performance of teachers.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh sertifikasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis asosiatif, dengan mengambil sampel 46 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis), dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Iklim kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru.Sertifikasi, iklim kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru.

Kata kunci: sertifikasi, motivasi kerja, iklim kerja.


Full Text:

PDF

References


Azan Khairul. 2014. Mutu Layanan Akademik. [Online],[http://jurnal.upi.edu/ file/5_Khairul_Azani_5_reg.pdf., diakses Tanggal 7 Maret 2016. 09.00]

Daryanto. 2015. Pengeloaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. 2008. Education Administration : Theory Research, and Practice. Singapore: Mc Graw-Hill Co.

Muslisch, Masnur. 2010. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendididik. Jakarta : Bumi Aksara.

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta : Gramedia.

Sinambela, Lijan Poltak, 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Widyoko, P.E.S. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.