EKSPEKTASI GURU TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESI
Abstract
This research aimed to determine the expectations of teachers to: 1) planning of professional development programs; 2) organizing professional development programs; 3) the implementation of professional development program; and 4) monitoring professional development program conducted in MI Miftahul Jannah and MI Al-Munawarroh Bandar Lampung. This study used a phenomenological approach to qualitative descriptive research. The method that be chosen was purposive research sampling, with interviews and documentation as data collection techniques. Results of this research were: 1) Expectations of teachers on program planning not met the expectations of teachers; 2) Expectations of teachers on program organizing has not fully met the expectations of teachers; 3) Expectations of teachers on program Implementation has not met expectations; and 4) Expectations of teachers on supervising teacher professional development program has not met expectations because the teachers are not evaluated directly, supervisors role in the evaluation, and there has no follow-up.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspektasi guru terhadap: 1) perencanaan program pengembangan profesi; 2) pengorganisasian program pengembangan profesi; 3) pelaksanaan program pengembangan profesi; dan 4) pengawasan program pengembangan profesi yang dilakukan di MI Miftahul Jannah dan MI Al Munawarroh Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang dipilih adalah purposive sampling, dengan wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Ekspektasi guru terhadap perencanaan pada program pengembangan profesi guru belum memenuhi harapan guru; 2) Ekspektasi guru terhadap pengorganisasian belum sepenuhnya memenuhi harapan; 3) Ekspektasi guru terhadap pelaksanaaan program pengembangan profesi guru belum memenuhi harapan; dan 4) Ekspektasi guru terhadap pengawasan program pengembangan profesi guru belum memenuhi harapan karena guru-guru tidak dievaluasi secara langsung, pengawas kurang berperan dalam evaluasi, dan belum ada tindak lanjut.
Kata kunci: ekspektasi guru, program pengembangan profesi, profesi guru, implementasi
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2001.Pengembangan SumberDaya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, B.M. & Hubberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Penerjemah Rohadi. Bandung: P.T. Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moller & Wagner. 2011. Effective Evaluation. Fransisco U.S.A: Jossey Bass Publisher.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, Bujang. 2013. Rekonstruksi Paradigma Pendidikan untuk Memperkuat Karakter Bangsa Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Rahman, Bujang. 2014. Aplikasi Manajemen 3E dalam Pengembangan Profesionalitas Guru. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Indonesia.
Samani, Muchlas. 2012. Profesionalisasi Pendidikan. Unesa University Press, Surabaya.
Sauri, S. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Makalah Sarasehan Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa oleh Kopertis Wilayah 3 DKI Jakarta, 12 Januari 2010.
Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Suyatno. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru 70th Abdul Malik Fajar. Jakarta Selatan: Uhamka Press.
Tilaar, H.A.R. & Nugroho, Riant. 2008. Kebijakan Pendididikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usman, Husaini. 2008. MANAJEMEN Teori Praktik & Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.