Persepsi Generasi Z Terhadap Kesenian Arak-Arakan Kuntau Di Desa Ulak Ata Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu persepsi Generasi Z terhadap kesenian arak-arakan Kuntau di Desa Ulak Ata, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara. Persepsi ini dianalisis melalui indikator yang mencakup faktor internal seperti pengalaman, kebiasaan, dan motivasi, serta faktor eksternal yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan data pendukung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada Generasi Z berusia 15-23 tahun di Desa Ulak Ata, dan wawancara dilakukan dengan beberapa narasumber untuk mendukung data dan memastikan konsistensi dengan jawaban kuesioner. Terdapat 77 responden, kategori sangat baik memperoleh persentase sebesar 12% dengan jumlah 9 responden, kategori baik memperoleh persentase sebesar 62% dengan jumlah 48 responden, kategori cukup memperoleh persentase sebesar 26% dengan jumlah 20 responden, dan kategori kurang baik memperoleh persentase sebesar 0%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Generasi Z di Desa Ulak Ata memiliki persepsi positif terhadap kesenian arak-arakan Kuntau. Dengan mengetahui persepsi Gen Z terhadap kesenian arak-arakan kuntau dapat menjadi upaya evaluasi maupun peningkatan upaya pelestarian kesenian tradisional Arak-arakn Kuntau di desa Ulak Ata Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara.
Kata kunci: persepsi Gen Z, Arak-Arakan Kuntau, Desa Ulak Ata.
Abstract
This study aims to determine the perception of Generation Z towards the art of Kuntau parade in Ulak Ata Village, Tanjung Raja District, North Lampung Regency. This perception is analyzed through indicators that include internal factors such as experience, habits, and motivation, as well as external factors influenced by environmental and community conditions. The research method used is quantitative method with survey research type and supporting data through interviews, observation and documentation. The data collection techniques used were questionnaires and interviews. Questionnaires were distributed to Generation Z aged 15-23 years in Ulak Ata Village, and interviews were conducted with several sources to support the data and ensure consistency with the questionnaire answers. There were 77 respondents, the excellent category obtained a percentage of 12% with 9 respondents, the good category obtained a percentage of 62% with 48 respondents, the fair category obtained a percentage of 26% with 20 respondents, and the unfavorable category obtained a percentage of 0%. These results show that Generation Z in Ulak Ata Village has a positive perception of the Kuntau procession art. By knowing Gen Z's perception of the art of Kuntau pageantry, it can be an effort to evaluate and improve the performance of the art of Kuntau pageantry.
Keywords: Gen Z perception, Kuntau Parade, Ulak Ata Village.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. 120 hlm.
Alizamar, & Couto. (2016). Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Ruko JaEbusari 7A Yoryakarta.
Arief, dkk. (2022). Teori Habit Perspektif Psikologi Dan Pendidikan Islam. Jurnal Ri’ayah, Vol. 7, No. 01. Hal.66.
Barnawi. Hasyimkan. (2019). Alat Musik Perungggu lampung. yogyakarta: Graha Ilmu.
Harisah, A. (2008). Persepsi Manusia Terhadap Tanda,Simbol Dan Spasial. Jurnal Smartek, Vol. 6, No. 1, Hal. 29-43.
Hidayatullah, R. (2021). Solfegio, Sebuah Pengantar Teori Musik (pertama). Arrttex.
J. Wade, N. (2005). Perception And Illusion Historical Perspectives. Springer Science + Business Media, Inc. Amerika Serikat.
Pursika, I. (2009). Kajian Analitik Terhadap Semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 42, Nomor 1,Hal 56.
Luthfiyyah. dkk. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Persepsi Diri dan Pembentukan Identitas Remaja di Indonesia. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum Vol.2, No.1. Hal. 46.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, dan RnD). Bandung: Alfabeta. 458 hlm.
Sumarto. (2019).Budaya, Pemahaman Dan Penerapannya,Sistem Religi, Bahasa. Jurnal Literasiologi Volume 1, No. 2. Hal.144
Utari, U. (2018). Z Generation Yang Berjiwa Sosial. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Jawa Timur.
Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. 246 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.